Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum

Afifta Wisnu Pradana

Abstract


Perkembangan teknologi sudah semakin pesat dan teknologi tidak hanya terbatas pada lingkup bisnis, melainkan juga berpengaruh pada dunia pendidikan. Teknologi memungkinkan inovasi dalam metode pembelajaran, membuat proses belajar lebih efektif dan menarik. Dengan hadirnya smartphone, sektor pendidikan telah melakukan inovasi baru untuk mengatasi tantangan yang semakin kompleks seiring dengan kemajuan zaman. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan para siswa Min 2 Magetan untuk belajar secara online, seperti melalui media pembelajaran berbasis web maupun Android. Namun, beberapa media pembelajaran tersebut dianggap kurang memadai karena keterbatasan fitur yang disediakan. Oleh karena itu, penelitian ini merancang dan membangun aplikasi pembelajaran berbasis web yang mampu memenuhi kebutuhan dalam pelaksanaan pembelajaran online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Agile Scrum. Adanya web ini diharapkan mampu menambah minat belajar siswa dengan mata pelajaran anatomi tubuh manusia.


References


Abdulloh. (2022). “7 Materi Pemrograman Web untuk Pemula 3: JavaScript & MariaDB.” Jakarta : PT Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=NYl-EAAAQBAJ

Ahmad, I., Samsugi, S., & Irawan, Y. (2022). Penerapan Augmented Reality Pada Anatomi Tubuh Manusia Untuk Mendukung Pembelajaran Titik Titik Bekam Pengobatan Alternatif. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 46. https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.1521

Cahya, K., Huda, N., Nita, S., & Novietasari, E. R. (2023). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi-2023 "Exploring the Intersection of Big Data, Cyber Security, Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar Berbasis Web. 357–364.

Efniasari, M., Wantoro, A., & Susanto, E. R. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum (Studi Kasus: Puskesmas Kisam Ilir). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(3), 56–63. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Eriana, E. S., Pratomo, A. B., Tristiano, C., & Suparman, A. (2023). “Konsep Dasar Pengenalan Database Rumpun Ilmu Komputer.” Batam : Cendikia Mulia Mandiri. https://books.google.co.id/books?id=2pu-EAAAQBAJ

Gumilang, A., & Devi, P. A. R. (2023). Pembangunan Aplikasi Pendaftaran Praktikum Berbasis Web Laboratorium Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 6(2), 170–177. https://doi.org/10.32672/jnkti.v6i2.5914

Hanif Jusuf, & Andi Prabowo. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Posyandu Pada Kelurahan Tanjung Duren Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Komputasi: Media Bahasan, Analisa Dan Aplikasi, 17(2), 60–67. https://doi.org/10.56956/jiki.v17i2.244

Kalinga, E. A. (2021). Learning software development through modeling using object oriented approach with unified modeling language: A case of an online interview system. Journal of Learning for Development, 8(1), 74–92. https://doi.org/10.56059/jl4d.v8i1.401

Kuparinen, S. (2023). Improving Web Performance by Optimizing Cascading Style Sheets ( CSS ): Literature Review and Empirical Findings. Helsinki University Library, 1(2), 62. https://helda.helsinki.fi/items/abdda622-ffb8-4daf-a55a-a6d9deec4f91

Mukhlis, Irmawati, Sabur, Farkhan, Gunawan, Adhicandra, Eldo, & Efitra. (2023). “Buku Ajar Pemrograman Web 1.” Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=XGDeEAAAQBAJ

Mulyanto, Y., Hamdani, F., & Hasmawati. (2020). “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Omg Berbasis Web Di Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa.” Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 2(1), 69–77. https://doi.org/10.51401/jinteks.v2i1.560

Mustamiin, M., Ismantohadi, E., Ghozali, A. L., Darsih, & Inara, L. N. (2020). Rancangan Bangun Sistem Manajemen Soal Dan Ujian Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 4(1), 58–63.

Noviantoro, A., Silviana, A. B., Fitriani, R. R., & Hanum Putri Permatasari. (2022). “Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Sewa Lapangan Badminton Wilayah Depok Berbasis Web.” Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 88–103. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.108

Prawira, Alfarisi, Pane, & Fauzan. (2023). “Tutorial Membuat Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan Klinik.” Bandung : PT.Penerbit Buku Pedia. https://books.google.co.id/books?id=JxTNEAAAQBAJ

Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2021). Mudah Membuat Web Bagi Pemula (Issue 112).

Samsudin, A., & Hamdalah Islami, H. (2023). Sistem Pengaduan Masyarakat Menggunakan Metode Agile Extreme Programming. Jurnal Infotex, 2(1), 214–226.

Siwi, R. R., Anardani, S., & Nugrahanti, F. (2019). Rancang Bangun Game UNIPMA Student Adventure Menggunakan Metode Dynamic Weighting. 2017–2020.

Suhartini, Sadali, M., & Putra, Y. K. (2020). “Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al- Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter.” Informatika Dan Teknologi, 3(1), 79–83.

Suparyanto, & Rosad. (2020). “Pemrograman Web PHP Dasar Database Mysql Dengan Bootstrap.” In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3). bandung : CV. Widina Media Utama.

Susilawati, T., Yuliansyah, F., Romzi, M., & Aryani, R. (2020). “Membangun Website Toko Online Pempek Nthree Menggunakan Php Dan Mysql.” Jurnal Teknik Informatika Mahakarya (JTIM), 3(1), 35–44.

Syaifudin, K., Rohmad, N., & Nita, S. (2023). Rancang Bangun E-Learning Berbasis Web pada SMPN 1 Kendal Ngawi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 192–194.

Yulianeu, A., & Oktamala, R. (2018). “Sistem Informasi Geografis Trayek Angkutan Umum Di Kota Tasikmalaya Berbasis Web.” Jurnal Teknik Informatika Atmaluhur, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.