Rancang Bangun Sistem Informasi Presensi Dengan Fingerprint Berbasis Website Pada SMKN 1 Bendo Magetan
Abstract
Pencatatan kehadiran siswa merupakan aspek penting dalam pengelolaan pendidikan pada SMKN 1 Bendo Magetan. Dengan berkembangnya teknologi, merancang sistem informasi presensi siswa berbasis website yang menggunakan teknologi sidik jari menjadi solusi efektif untuk meningkatkan keakuratan pada proses presensi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi presensi siswa berbasis website website yang terintegrasi dengan perangkat fingerprint, yang memungkingkan pencatatan dan pemantauan kehadiran secara real-time mengurangi resiko kecurangan, serta mempermudah proses pelaporan dan analisis data presensi.. Metode pengembangan sistem ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rapid Application Development (RAD). Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Presensi Dengan Fingerprint Berbasis Website Pada SMKN 1 Beendo Magetan, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Pengujian yang digunakan yaitu metode test case dan SUS. Pada pengujian metode SUS dengan perolehan nilai akhir 72,42 yang berarti nilai yang diperoleh masuk pada kategori B atau bisa dikatakan baik, yaitu sistem sudah layak untuk digunakan. Dengan tambahan ini, sistem informasi ini diharapkan dapat menginsipirasi dalam penggunaan teknologi fingerprint untuk proses presensi siswa.
References
Amrullah, F., Andarwati, M., Swalaganata, G., Rosyadi, H. E., Artikel, R., Kunci, K., Mvte, T. ;, Android, ;, Asistif, ;, & Corresponding Author, ; (2021). Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika Pengembangan Aplikasi Android MVTE dengan Metode RAD Info Artikel ABSTRAK. 7(2), 122–130. http://http//jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmiDisetujui:dd-mm-yyyy
Anggun Fergina, M. K., Syahid Abdullah, S. S. M. K., & Zaenal Alamsyah, S. K. (2021). Buku Ajar Basis Data. Nusa Putra Press. https://books.google.co.id/books?id=LP08EAAAQBAJ
Desmira, D. (2022). Pemanfaatan Sensor Sidik Untuk Absensi Siswa Smkn 1 Pulo-Ampel. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 9(2), 25–32. https://doi.org/10.30656/prosisko.v9i2.4983
Fahmi Kamal, Widi Winarso, & Wastam Wahyu Hidayat. (2020). Pengaruh Absensi Fingerprint Terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kementerian Komunikasi Dan Informatika. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 32–49. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i2.352
Hasbi, I. (2020). Implementasi Sistem Informasi Absensi Guru Menggunakan Teknologi Fingerprint Di Sma Negeri 2 Manokwari. In ScientiCO : Computer Science and Informatics Journal (Vol. 3, Issue 2).
Hyzy, M., Bond, R., Mulvenna, M., Bai, L., Dix, A., Leigh, S., & Hunt, S. (2022). System Usability Scale Benchmarking for Digital Health Apps: Meta-analysis. JMIR MHealth and UHealth, 10(8), 1–11. https://doi.org/10.2196/37290
Kaukab, M. E. (2022). Sistem Informasi Manajemen: Tujuan Sistem Informasi Manajemen. In CV. Pena Persada (Issue April). Penerbit Salemba. http://max21487.blogspot.com/2012/04/tujuan-sistem-informasi-manajemen.html
Murtopo, A. A., Arif, Z., & Rumambi, M. H. (2023). JUMINTAL: Jurnal Manajemen Informatika dan Bisnis Digital Perancangan Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Fingerprint Berbasis Web di SMK Insan Mulia. 2(1), 132–141. https://doi.org/10.55123/jumintal.v2i1.2610
Nurtjahjani, F., Pribadi, J. D., Batubulan, K. S., & Shoumi, M. N. (2022). Sistem Absensi Karyawan Secara Realtime Berbasis Fingerprint Menggunakan Metode Rapid Application Development. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.21456/vol12iss1pp1-9
Octarinie, N., & Fane, S. M. (2022). Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi , Manajemen dan Bisnis Analisis Penggunaan Absensi Fingerprint dan Pengaruh Kota Prabumulih Analysis The Use of Fingerprint Attendance and The Effect of Compensation On Discipline For DPRD Secretariat Staff In. 2(1), 11–19.
Pratiwi, E. L., & Pratomo, A. (2020). Konsep Dasar Algoritma Dan Pemrograman Dengan Bahasa Java. Poliban Press. https://books.google.co.id/books?id=crsmEAAAQBAJ
Prawiro, R., Junaidi, A., Hidayat, T., & Fitrul Hadi, A. (2023). Sistem Informasi Rekam Medis Dan Penjualan Obat. Jurnal Teknik Dan Teknologi Tepat Guna, 2(1), 113–123. https://rcf-indonesia.org/jurnal/index.php/
Rifani, F. M., Dewi, W. N., & Sevtiana, A. (2020). Sistem Aplikasi Website Surat Masuk Dan Keluar ( Studi Kasus Dikelurahan Panjunan). Jurnal Digit, 9(1), 26. https://doi.org/10.51920/jd.v9i1.131
Setiawan, R. (2023). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi-2023 "Exploring the Intersection of Big Data, Cyber Security, Rancang Bangun Sistem Penjualan Menggunakan Metode RAD Pada Keluarga Vapor Store Magetan. 337–346.
Sitanggang Rianto, Urian Dachi Teddy, & Manurung H G Immanuel. (2022). Rancang Bangun Sistem Penjualan Tanaman Hiasberbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql. Tekesnos, 4(1), 84–90.
Solahudin, M. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) Berbasis Website. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 4(2), 107. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v4i2.8315
Surbakti, A. (2021). Penerapan Absensi Fingerprint Terhadapkinerja Pegawai Pada Pt X Di Medan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 1(2), 49–56.
Sutanti, A., MZ, M. K., Mustika, M., & Damayanti, P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Keliling Menggunakan Pendekatan Terstruktur. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.34010/komputa.v9i1.3718
Vira Adi Kurniyanti, D. M. (2022). PERBANDINGAN MODEL WATERFALL DENGAN PROTOTYPE PADA PENGEMBANGAN SYSTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE. 2(08).
Wahidin, W., Yasin, V., & Haroen, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Lapangan Futsal Berbasis Web Dengan Metode Rapid Application Development Menggunakan Algoritma String Matching Di Maestro Futsal Kemayoran Jakarta. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(1), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i1.375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jl. Auri No. 14-16 Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email : senatik@unipma.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.