Rancang Bangun Game Edukasi Sejarah Penyebaran Agama Islam Di Pulau Jawa Menggunakan Metode GDLC

Ryas Pramudito

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game edukasi tentang sejarah penyebaran agama Islam di Pulau Jawa menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Tahap inisiasi mencakup identifikasi tujuan pembelajaran dan analisis kebutuhan pengguna. Pada tahap pra-produksi, dilakukan perancangan konsep game. Produksi melibatkan pembuatan aset grafis, pengembangan kode program, dan integrasi komponen game. Pengujian memastikan game berjalan sesuai standar kualitas, dan tahap peluncuran mencakup distribusi dan evaluasi umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan game edukasi ini meningkatkan minat belajar dan pemahaman sejarah di kalangan pengguna dan game ini dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam pendidikan sejarah di Indonesia.

 


References


Alba, M., Parjito, & Priandika, A. T. (2023). Media Game Edukasi Berbasis Android Untuk Pembelajaran Benda Hidup dan Tidak Hidup. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2456

Arifah, S. N., Fernando, Y., & Rusliyawati. (2022). Upaya Meningkatkan Citra Diri Melalui Game Edukasi Pengembang Kepribadian Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 295–315. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2036

Ariyana, R. Y., Susanti, E., Ath-Thaariq, M. R., & Apriadi, R. (2022). Penerapan Metode Game Devlopment Life Cycle (GDLC) pada Pengembangan Game Motif Batik Khas Yogyakarta. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(6), 796–807. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i6.1129

Dzakiyyah, T. A., Prawira, N. G., & Johari, A. (2022). Perancangan Animasi Video Pembelajaran “Membuat Komik” bagi Siswa Kelas VIII SMP. Scientia Sacra: Jurnal Sains, 2(3), 369–373.

Gunawan, R., Prastyawan, T. H., & Wahyudin, Y. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Perhitungan Dasar Matematika Sekolah Dasar Kelas 3 , 4 Dan 5 Mengunakan Construct 2 Game Edukasi Dapat Mempermudah Cara Belajar , Terkadang Saat Belajar Yang Tidak Membosankan Bagi Para Minat Yang Sangat Minim Dari Pengguna Kal. Jurnal Interkom, 17(1), 1–15.

Haddid, A., Aufar, M. Q., Ramadhan, A., & Pratama, Y. (2023). Perancangan Game Edukasi Menebak Lirik Lagu-Lagu Daerah Berbasis Unity 2D untuk Platform Android. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(2), 140–151. https://doi.org/10.47065/tin.v4i2.4201

HARMINI, T., PRADHANA, F. R., SURYANITA, D. N., & WARNIASIH, K. (2024). Implementasi Game Edukasi 3D Pada Materi Aljabar Melalui Pendekatan Game Development Life Cycle (Gdlc). Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.38114/rksfhj44

Islam, S. M., Setiawan, I. R., & Asriyanik. (2024). Pengembangan Game Edukasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dengan Metode Game Development Life Cycle (GDLC). Jamastika, 10(April), 167–177.

Lidwinanta, J. F., & Dirgantara, H. B. (2022). Pengembangan Gim Edukasi Penggunaan Listrik Bijak Berbasis Android. KALBISIANA, Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(1), 1123–1134.

Listyoningrum, I. K., Fenida, Y. D., & Hamidi, N. (2023). Inovasi Berkelanjutan dalam Bisnis: Manfaatkan Flowchart untuk Mengoptimalkan Nilai Limbah Perusahaan. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 100–112. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i4.552

Lolan, T. D., Api, A. A., & Mado, T. W. (2024). Perancangan Sistem Presensi Siswa-Siswi Berbasis Desktop Pada Smp Negeri Kewapante. 30–35.

Parjito, Rahmawati, O., & Ulum, F. (2023). Rancang Bangun Aplikasi E-Agribisnis Untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Tanaman Hortikultura. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 354–365. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2362

Pradana, A. G., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “ AMUDRA ” Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita. 49–53.

Pradana, R. R., & Widodo, T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi 2 Dimensi Dengan Construct 2 Game Fighting Karakter Nusantara Berbasis Android. Jurnal Edukasimu, 1(1), 1–12.

Purnomo, I. I. (2020). Aplikasi Game Edukasi Lingkungan Agen P Vs Sampah Berbasis Android Mengunakan Construct 2. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(2), 86. https://doi.org/10.31602/tji.v11i2.2784

Rinaldi, M. R., Napianto, R., & An’ars, M. G. (2023). Game Edukasi Berhitung Anak Sekolah Dasar Menggunakan RPG Maker Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Dan Sistem …, 4(1), 61–66.

Rusmana, R. A., Asriyanik, & Setiawan, I. R. (2023). Penggunaan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Untuk Memudahkan Belajar Bahasa Inggris Dalam Media Game. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1402–1412. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3578

Saputra, A. A., Putra, F. N., & Yusron, R. D. R. (2022). Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Android. Journal Automation Computer Information System, 2(1), 66–73.

Siwi, R. R., Anardani, S., & Nugrahanti, F. (2019). Rancang Bangun Game UNIPMA Student Adventure Menggunakan Metode Dynamic Weighting. 2017–2020.

Tarigan, M., Audry, F., Tambunan, F. A. S., Badariah, P. P. N., & Rohani, T. (2023). Sejarah Peradaban Islam dan Metode Kajian Sejarah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1658–1663.

Zalukhu, A., Swingly, P., & Darma, D. (2023). Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart. Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 4(1), 61–70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.