Rancang Bangun Media Pembelajaran Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa Berbasis Multimedia Interaktif

Sawung Pri Ambada

Abstract


Indonesia kaya akan keberagaman budaya, termasuk warisan musik tradisional. Satu di antara banyak kebudayaan sebagai penciri kearifan lokal adalah gamelan. Seiring berjalannya waktu masyarakat mulai meninggalkan kebudayaan salah satunya alat musik tradisional gamelan. Saat ini alat musik tradisional terutama gamelan kurang diminati dibandingkan alat musik modern khususnya generasi muda. Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Taman Kota Madiun dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa dengan hasil 20 dari 30 siswa tidak tahu alat musik gamelan. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam memberikan pelajaran atau pengetahuan tentang seni musik tradisional terhadap generasi muda, Atas dasar permasalahan ini penulis membuat penelitian tentang perancangan media pembelajaran alat music gamelan jawa berbasis android. Diharapkan dengan media pembelajaran ini dapat memberikan edukasi dan menambah minat kepada siswa untuk bermain gamelan. MDLC (Multimedia Development Life Cycle) adalah metode yang dipakai pada penelitian ini dan menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan software buatan Adobe yaitu Adobe Flash CS6. Pengujian aplikasi menggunakan metode SUS dengan perolehan nilai akhir 76 dan skala interpretasi hasil skor SUS Good pada kategori Adjectivity dan Grade B, yaitu aplikasi sudah layak digunakan dan memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.

References


agus Rustamana, Siti Ade Mulyati, Fitriyani, T. P. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Cetak : Tampilan Storyboard. 1(6).

Ardiansyah, Y., Sains, F., & Yogyakarta, U. T. (2023). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Gamelan Jawa Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. 6, 518–525. Https://Doi.Org/10.37600/Tekinkom.V6i2.1023

Asnan, H. (2024). Development Of Learning Media Using Adobe Flash Professional Cs6 Software To Enhance Problem-Solving Skills In Mts Nurul Hikmah Aek Gerger School. 4307(1), 186–196.

Basir, F. M., & Windriyani, P. (2022). Pembangunan Aplikasi Alat Musik Tradisional Kendang Berbasis Android. 8(2), 2186–2191.

Darmayanti, R. (2023). Gema Cow-Pu: Development Of Mathematical Crossword Puzzle Learning Media On Students’ Critical Thinking Ability. January, 37–48.

Ediyono, S., Budi, S., & Widodo, S. T. (2019). The Potentials Of Gamelan As Education Tourism Media In Surakarta. 279(Icalc 2018), 95–102.

Garcia, S. V., & Rismayadi, A. A. (2021). R Anc An G Ban Gun Ap Li K As I E -Comm E Rce Menggunakan Pendekatan Cross Selling Berbasis Website ( Studi Kasus : Umkm Kampoeng Radjoet ). 2(1), 182–191.

Gusmiawan, S., Ramdhani, Y., Studi, P., Informatika, T., Adhirajasa, U., Sanjaya, R., Musik, A., & Game, T. (2023). Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Jawa Barat. 4(2), 313–320.

Harjanti, F. D., Ardiansyah, R., & Indrayana, V. L. (2023). Pengembangan Media Gamelan Digital Untuk Pembentukkan Karakter 5t Pada Siswa. 4(4), 1999–2010.

Maulana, H., Lathif, T., Suryanto, M., Alit, R., Sari, L., Wardhani, P., & Safana, T. (2023). Inovasi Interaktif : Merancang Dan Membangun Virtual Tour Asriloka Wonosalam Menggunakan Metode Mdlc. 13(3), 489–495.

Mubarok, Y. A. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Instrumen Gamelan Berbasis Android. 781–788.

Nabyla, F. (2020). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Rumah Adat Untuk Siswa Sd Kelas 1. 10(1), 404–418.

Nandari, K., & Akhbar, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 235 Palembang. 7, 354–361.

Nawawi, M. R., Lestanti, S., Fanny, D., Studi, P., Informatika, T., Balitar, U. I., & No, J. M. (2022). Pondok Pesantren Nurul Ulum Dengan Mengunakan Metode Xp ( Extreme Programming ). 6(2), 835–841.

Nicolaus, A., Maulana, H., Baskoro, S., & Rosyani, P. (2022). Percangangan Penjualan Barang Bangunan Berbasis Web Pada Toko Bangunan Enggal Maju. Oktal : Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 1(7), 1051–1056.

Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smpn 17 Padang. 5(1), 105–122.

Nurul Bahiyah, Wulandari, S. (2022). The Development Of Islamic Religious Education Android- Based Application Of Salat Material For Elementary Students. 5(2), 68–78.

Sugiyem, A. T. (2023). Improving Teacher Competence Through Training On Making Learning Media Assisted By Corel Draw. 7(3), 820–827.

Susandi, D., Karyaningsih, D., & Suryani, S. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Lebak Musik Tradisional Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini. 10(1), 7–11. Https://Doi.Org/10.30656/Jsii.V10i1.6177

Vicky J.S Costa, Nelci D. Rumlaklak, T. W. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Kegunaan Aplikasi Menggunakan Metode System Usabillity Scale (Sus). 1(1), 33–39.

Zahwa, F. A. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. 19(01), 61–78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.