Game Tower Defense Perlindungan Hutan Dan Ekosistem Dengan Metode Finite State Machine

Marza Maulana Hakim

Abstract


Dengan meningkatnya kerusakan hutan akibat aktivitas manusia, perlunya upaya efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang perlindungan ekosistem menjadi semakin penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game tower defense yang mengedukasi pemain tentang pentingnya menjaga hutan dan ekosistem. Game ini menggunakan metode Finite State Machine untuk mengatur perilaku musuh dan elemen game lainnya, meningkatkan interaktivitas dan pengalaman pemain. Diharapkan, game ini dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam pelestarian lingkungan.


References


Abdillah, R. (2021). Pemodelan UML Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta. Jurnal Fasilkom, 11(2), 79–86. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2673

Algoritma dan Pemrograman. (2023). (n.p.): Penerbit P4I.

Armedianto Putro, B., Dedy Irawan, J., & Adi Wibowo, S. (2021). Kombinasi Metode Finite State Machine Dan Fuzzy Pada Game Escape From Punk Hazard. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 71–78. https://doi.org/10.36040/jati.v5i1.3276

Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. (2021). (n.p.): umsu press.

Firmansyah, O. (2019). Perbandingan Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Metode Fuzzy Sugeno Terhadap Penentuan Durasi Spawn NPC Musuh pada Game Tower Defense Anak Muslim. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Imanda, D. (2022). Implementasi Game Edukasi Bahasa Lampung Dialek a Dan Dialek O Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(2), 161–178. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i2.2024

Indriyanti, A. D. (2023). Testing Of Industrial Practice Monitoring Information Systems Using The Black Box Method ( Case Study : Informatics Department Of Surabaya State.

Kusumo, D. P. N. (2019, October). Perancangan Game Android Adventure Gajah Mada dengan Metode Agile Development. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 67-70).

Nopriansyah, A., Kanedi, I., & Prahasti. (2019). Rancang Bangun Game 2D Shooter Platformer Menggunakan Metode Finite State Machine. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 3(1), 117–122.

Nursadewa, A. W. (2022, November). Rancang Bangun Game Edukasi Reog Ponorogo Berbasis Android Dengan RPG Maker Engine. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 5, No. 1, pp. 425-431).

Pradana, A. G. (2019, October). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 49-53).

Putro, B. A., Sari, K. A., & Wahid, A. (2021). Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game “Escape From Punk Hazard.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 71–78.

Ramadhanti, N. F., Lamada, M., & Riska, M. (2021). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi 3D “Finding Geometry” Berbasis Unity Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Matematika. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 4(2), 21–26.

Reno, R. (2021). Pembuatan Game Balap Kelinci Dengan Unity Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 19. https://doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.10531

Riswanto, Beny, Willy Setiawan, and Slamet Cahyo Edy Sahputro. 2023. “Sistem Pakar Diagnosa Stunting Pada Balita Berbasis Website Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Metode Waterfall.” Digital Transformation Technology 3(2):468–77. doi: 10.47709/digitech.v3i2.2881.

Siwi, R. R. (2019, October). Rancang Bangun Game Unipma Student Adventure Menggunakan Metode Dynamic Weighting A. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 45-48).

Sudibyo, Heri, M. Bahrul Ulum, and Raimon Efendi. 2023. “Sistem Pakar Mengidentifikasi Penyakit Pada Tanaman Cabai.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(4):5922–34.

Supriyono. (2020). Software Testing with the approach of Blackbox Testing on the Academic Information System. IJISTECH: International Journal of Information System & Technology, 3(2), 227–233.

Yogiswara, G. E. (2022, November). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Kegagalan Koneksi TCP/IP Menggunakan Metode Forward Chaining. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 5, No. 1, pp. 453-462).

Yondra, A. O., Darmanto, T., & Yulius, A. (2021). Penggunaan Algoritma A* Pada Permainan Game Godef Berbasis Android. Journal Widyatama: Masitika, 6(Oktober 2021), 1–10.

Harold Anis, C. D. M. (2021). PKM KESADARAN HUKUM MASYARAKAT DESA LELEMA KECAMATAN TUMPAAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN TERHADAP PELESTARIAN FUNGSI HUTAN. Fisheries Research, 140(1), 6.

Wahyuni, H., & Suranto, S. (2021). Dampak deforestasi hutan skala besar terhadap pemanasan global di Indonesia. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 148-162.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.