Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android

Ilham Sidiq Wicaksono, Muh Nur Luthfi Azis

Abstract


Di era digital saat ini, penggunaan teknologi mobile telah meluas, terutama perangkat Android, yang memfasilitasi akses informasi dan layanan publik secara efisien. Desa Tambakboyo di Ngawi menghadapi tantangan dalam menyediakan layanan publik yang optimal karena sistem pengaduan yang masih manual dan tidak responsif, mengakibatkan ketidakpuasan masyarakat dan menghambat pembangunan desa. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan merancang aplikasi pengaduan berbasis Android. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan dengan cepat serta meningkatkan partisipasi warga dan efisiensi perangkat desa dalam menanggapi laporan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall, yang meliputi tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pengujian sistem dilakukan dengan metode blackbox, yang menunjukkan hasil sesuai harapan. Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android di Desa Tambakboyo Ngawi dirancang dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dan framework CodeIgniter. Aplikasi ini melayani dua jenis pengguna, yaitu perangkat desa sebagai admin dan masyarakat sebagai user. Pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini lebih efisien dan mudah digunakan dibandingkan metode konvensional, memungkinkan warga mengirim pengaduan tanpa harus datang ke kantor desa. Secara keseluruhan, aplikasi ini terbukti sebagai solusi efektif dan inovatif untuk menangani pengaduan masyarakat.

References


Aldisa, R. T., & Arofi, A. (2022). Penerapan Metode Prototyping Pada Perancangan Sistem Layanan Pengaduan Berbasis Website. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 373. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3963

Apriadi, H., Amalia, F., & Priyambadha, B. (2019). Pengembangan Aplikasi Kakas Bantu Untuk Menghitung Estimasi Nilai Modifiability Dari Class Diagram. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10605–10613.

Arafat, M. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Online Percetakan Sriwijaya Multi Grafika Berbasis Website. Intech, 3(2), 6–11. https://doi.org/10.54895/intech.v3i2.1691

Deravi, C. (2023). BioGecko BioGecko. Biogecko, 12(01), 316–324.

Dewi, N. K., Irawan, B. H., Fitry, E., & Putra, A. S. (2021). Konsep Aplikasi E-Dakwah Untuk Generasi Milenial Jakarta. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 5(2), 26–33.

Gangurde, N., Baviskar, V., & Patil, C. (2023). Myshop-E-Commerce Website Built Using The Codeigniter Framework. International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science Www.Irjmets.Com @International Research Journal of Modernization in Engineering, 7102(05), 2582–5208. www.irjmets.com

Hartati, S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Kantor Notaris Dan Ppat Ra Lia Kholila, Sh Menggunakan Visual Studio Code. SISKOMTI (Sistem Informasi Komputer dan Teknologi Informasi), 3(2), 37-48.

Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Pemrograman Visual dengan Metode Addie. Jurnal Vokasi Informatika, 20-30.

Maria, S., & Putri, Y. A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tes Penerimaan Siswa Baru Berbasis Komputer Di Ponpes Darel Hikmah Berbasis Web. Jurnal Intra Tech, 5(1).

Mubarak, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(1), 19–25. https://doi.org/10.33387/jiko.v2i1.1052

Muhammad Yusril Helmi Setyawan, C. E. P. (2020). CodeIgniter : Implementasi Metode Entropy Pada Pemrograman PHP (Belajar Dengan Praktek). Kreatif Industri Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=vJzzDwAAQBAJ

Nizar, C. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Sewa Rumah Kost (E-Kost) Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31326/sistek.v3i1.852

Noviantoro, A., Silviana, A. B., Fitriani, R. R., & Permatasari, H. P. (2022). Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Sewa Lapangan Badminton Wilayah Depok Berbasis Web. Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 88–103. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.108

Parjito, P. J., Rahmawati, O., & Ulum, F. (2023). Rancang Bangun Aplikasi E-Agribisnis Untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Tanaman Hortikultura. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 354–365. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2362

Payong, Y. (2020). Layanan Informasi Publik Dan Pengaduan Masyarakat. V, 13–33.

Purwaningsih, M., Purwandari, B., & Hidayanto, A. N. (2024). A Conceptual Model e-Collaboration for Rural Tourism - Combining Soft System Methodology and UML. Procedia Computer Science, 234, 1119–1127. https://doi.org/10.1016/j.procs.2024.03.107

Sanubari, T., Prianto, C., & Riza, N. (2020). Odol (one desa one product unggulan online) penerapan metode Naive Bayes pada pengembangan aplikasi e-commerce menggunakan Codeigniter. Kreatif. https://books.google.co.id/books?id=s4j_DwAAQBAJ

Tanko, M. A., Jamilu, B. A., & Iliyasu, U. (2022). Web Based Teaching Practice Management System ( WBTPMS ) - A Case Study of Federal University. Journal of the Institute of Electronics and Computer, 1–14. https://doi.org/10.33969/JIEC.2022.41001

Wulandari, S., Jupriyadi, J., & Fadly, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pemasaran Penggalangan Infaq Beras (Studi Kasus: Gerakan Infaq). TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 2(1), 11–16.

Zimmermann, A. E., King, E. E., & Bose, D. D. (2024). Effectiveness and Utility of Flowcharts on Learning in a Classroom Setting: A Mixed-Methods Study. American Journal of Pharmaceutical Education, 88(1), 100591. https://doi.org/10.1016/j.ajpe.2023.100591


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.