Sistem Pakar Diagnosa Kecanduan Game Online Berbasis Website Dengan Metode Forward Chaining

Muhammad Isya Noor Mahendra

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem pakar berbasis website, untuk mendiagnosis kecanduan game online menggunakan metode Forward Chaining. Karena banyak kasus para remaja yang senang bermain game online dalam waktu yang lama, sehingga menyebabkan banyak remaja yang kecanduan bermain game online. Dari hasil data yang diperoleh Di Indonesia, 54,1% dari remaja berusia 15-18 tahun mengalami kecanduan game online, dengan persentase 77,5% di antaranya adalah remaja laki-laki dan 22,5% adalah remaja perempuan.Oleh karena itu dibuatkan sistem pakar diagnosa kecanduan game online berbasis website dengan menggunakan metode forward chaining. Sistem ini dirancang untuk membantu remaja usia 12 - 25 tahun dalam mengidentifikasi tingkat kecanduan game online yang mereka alami. Dengan menggunakan data gejala yang diinput oleh pengguna, sistem ini akan memberikan hasil diagnosa yang mengkategorikan kecanduan ke dalam tiga tingkat : ringan, sedang, dan berat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalisir keraguan dalam menentukan diagnosa kecanduan game online, serta mencegah perkembangan kecanduan yang lebih parah. Sistem ini diharapkan dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi pengguna dan orang tua dalam memahami, dan mengatasi masalah kecanduan game online. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan sistem Waterfall yang meliputi tahapan analisis, desain, implementasi, dan pengujian sistem. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pakar yang dibangun mampu memberikan diagnosa yang akurat dan dapat diandalkan. Pengujian sistem dilakukan dengan melibatkan pengguna remaja dan hasilnya menunjukkan tingkat akurasi yang memuaskan dalam mendiagnosis kecanduan game online.


References


Andika, F. B., & Purnomo, A. S. (2023). Sistem Pakar Deteksi Dini Tingkat Kecanduan Gadget pada Anak Menggunakan Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 5(2), 135. https://doi.org/10.36499/jinrpl.v5i2.8750

Čabarkapa, L. (2022). Excel Tables composition with JavaScript and HTML. 8(1).

Dutonde, P. D. (2022). Website Developmemt Technologies: A Review. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 10(1), 359–366. https://doi.org/10.22214/ijraset.2022.39839

Eldina, S. (2023). Pengembangan Front-End Aplikasi Screening Speech Delay Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum. Universitas Lampung.

Ganapathy, A., Vadlamudi, S., Al Ayub Ahmed, A., Shakawat Hossain, M., & Aminul Islam, M. (2021). HTML Content and Cascading Tree Sheets: Overview of Improving Web Content Visualization. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI), 12(3), 2428–2438.

Ghimire, B. (2020). Bikash Ghimire Work Management Tools BAsed On PHP And HTML. August.

Hakim, M. (2020). Sistem Pakar Mengidentifikasi Penyakit Alat Reproduksi Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining. TEKNIMEDIA: Teknologi Informasi dan Multimedia, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.46764/teknimedia.v1i1.16

Hermansyah, H., Wijaya, R. F., & Utomo, R. B. (2023). Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Masjid Berbasis Web. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3(5), 563–571. https://djournals.com/klik/article/view/756

Iksan, N., Yani, A., Manaf, A., Ismail, I., & Panessai, I. Y. (2023). Asisten Diagnostik Cerdas Untuk Kecanduan Internet Berbasis Sistem Pakar Yang Menggunakan Runut Mundur. Jurnal Sains dan Teknologi (JSIT), 3(2), 322–332. https://doi.org/10.47233/jsit.v3i2.982

Karim, A. M. (2022). Penerapan Single Page Aspplication Dalam Pengembangan Antarmuka Aplikasi Galang Dana Berbasis Web menggunakan Kerangka Kerja Laravel Breeze Skripsi.

Krisnanda, D. (2021). Implementasi Sistem Pakar Diagnosa Depresi Anak Dalam Pembelajaran Daring Metode Forward Chaining. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 579–587.

Limantoro, R. R., & Kristiadi, D. P. (2021). Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi ( S I N T E K ) Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Green Folder Menggunakan Metode Berorientasi Objek Dan UML Berbasis Web Pada TK Harvest Christian School. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 1(1), 7–14. https://sintek.stmikku.ac.id/index.php/SINTEK

Matur, Y. P., Simon, M. G., & Ndorang, T. A. (2021). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur pada Remaja SMA Negeri Kota Ruteng. The Jung Reader, 6(10), 98–139. https://doi.org/10.4324/9780203721049-12

Okmayura, F., Fadilah, A., Marisa, C. T., Nadjal, B. Z., Yudha, M. R. P., & Putra, R. T. A. (2023). Pemodelan UML Untuk Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Dini Cedera Awal Pada Peserta Olahraga Beladiri Menggunakan Pendekatan Teorema Bayes. Journal of Computer and Information Technology, 7(1), 31–40. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclickPemodelanUMLUntukPerancanganSistemPakarDiagnosaDini….

Orun, P. F., Pranoto, Y. A., & Faisol, A. (2022). Penerapan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Pada Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Malaria Di Kabupaten Mimika Berbasis Web. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(1), 325–335. https://doi.org/10.36040/jati.v6i1.4618

Putri, T. K., Arnumukti, M. L., Khatimah, K., Zalsabila, E., & Sudianto, S. (2023). Diabetes Diagnostic Expert System using Website-Based Forward Chaining Method. Journal of Dinda : Data Science, Information Technology, and Data Analytics, 3(1). https://doi.org/10.20895/dinda.v3i1.752

Rossnelly, R. (2012). Sistem Pakar Konsep dan Teori (P. Y. Jati (ed.)). CV. Andi OFFSET, Yogyakarta. https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Pakar/WrOACwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=sistem+pakar&printsec=frontcover

Saputra, I. (2023). Perilaku Sosial Pecandu Game Online Di Kalangan Remaja Desa Blang Baru Kecamatan Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan. 4(1), 88–100.

Sukri, H., David, A., Adiputra, F., & Barhadi, A. (2023). Pengembangan Aplikasi Berbasis Website. Media Nusa Creative, Malang. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Aplikasi_Berbasis_Web/7rruEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=website+adalah&pg=PA1&printsec=frontcover

Wibisono, S. K., Wulandari, A. T., & Supriyatin, S. (2021). Rancangan Bangun Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Pada Remaja Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.35960/ikomti.v2i1.661

Yani, A., Manaf, A., Iksan, N., & Wahyudiono, P. H. (2023). Pendeteksi Tingkat Kecanduan Internet Berbasis Sistem Pakar Yang Menggunakan Certainty Factor. 2(1), 1–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.