Rancang Bangun Game RPG "Rewrite Storyline : Legenda Timun Emas" Berbasis Platform PC

Yusuf Kusuma Fajar

Abstract


Game  merupakan media hiburan yang dibuat dan dijalankan dengan aturan-aturan tertentu untuk mendapatkan kemenangan ataupun kesenangan. Pada zaman moderen ini game telah dikembangkan dalam berbagai bentuk dan genre .Adapun beberapa contoh genre game yang popular antara lain,  Action, Strategy, Role Playing atau RPG, Shooter, dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game rpg yang konsepnya berfokus dalam alur cerita atau bisa disebut storyline. Cerita yang akan diangkat dalam game ini adalah cerita rakyat berjudul Legenda Timun Emas. Metode pengembangan penelitian ini menggunakan metode waterfall dan untuk metode perancangannya menggunakan model UML. Pembangunan game ini menggunakan game engine RPG MAKER MV yang merupakan game engine yang dibuat khusus untuk membuat game berjenis rpg. Penelitian ini berhasil membuat sebuah game rpg berjudul "Rewrite Storyline : Legenda Timun Emas. Melalui pengujian metode Close Beta Test, hasil penelitian ini dapat membuktikan bahwa game RPG bisa digunakan sebagai media untuk menceritakan cerita rakyat daerah.

References


Abdillah, R., Sumiati, M., & Cahyo, A. (2021). Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta. Jurnal Fasilkom, 11(2), 79–86. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2673

Ashari, N., Darwis, D., & Kisworo, K. (2023). Game Edukasi Pengenalan Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 22–28. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2455

Faishal Amri, M., & Agustina, R. (2023). Rancang Bangun Game Edukasi Latihan Soal USBN untuk Sekolah Dasar berbasis Android dengan Metode GDLC Menggunakan RPG Maker MV. Fakultas Sains Dan Teknologi-Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, 5(1), 1–9.

Fitriyani, R. E., & Nita, S. (2021). Implementasi Game Edukasi “ BaCovi ” Basmi Covid Berbasis Android dengan RPG Maker Engine. 507–519.

Irkinovich, N. R. (2022). the Importance of Role-Playing Game in Teaching English. International Journal of Pedagogics, 02(09), 29–32.

Lalujan, A., Tulenan, V., & Rindengan, Y. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Role Playing Game (RPG) Tuanku Imam Bonjol. 04(02), 1–7.

Mubarak, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(1), 19–25. https://doi.org/10.33387/jiko.v2i1.1052

Mustofa, M., Putra, J. L., & Kesuma, C. (2021). Penerapan Game Development Life Cycle Untuk Video Game Dengan Model Role Playing Game. Computer Science (CO-SCIENCE), 1(1), 27–34. https://doi.org/10.31294/coscience.v1i1.158

Nursadewa, A. W. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Reog Ponorogo Berbasis Android Dengan RPG Maker Engine. Prosiding Seminar Nasional Teknologi …, 425–431. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/2829%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/viewFile/2829/2918

Putra, W. A., Fitri, I., & Hidayatullah, D. (2022). Implementasi Waterfall dan Agile dalam Perancangan E-Commerce Alat Musik Berbasis Website. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 6(1), 56–62. https://doi.org/10.35870/jtik.v6i1.380

Rafi, S. I., & Indahyanti, U. (2022). Women’s Clothing Application by Using Waterfall Method in the Form of Website of Rafika Modes UMKM. Procedia of Engineering and Life Science, 2(2).

Retnasari, H., Rahayu, A. P., Veronica, N., & Wahono, W. (2023). Eksistensi Storytelling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3863–3874. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3660

Rinaldi, M. R., Napianto, R., & An’ars, M. G. (2023). Game Edukasi Berhitung Anak Sekolah Dasar Menggunakan RPG Maker Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Dan Sistem …, 4(1), 61–66.

Rohmanto, R., & Setiawan, T. (2022). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram. INTERNAL (Information System Journal), 5(1), 53–62. https://doi.org/10.32627/internal.v5i1.506

Sari, A. P., Widodo, T., & Komputer, T. (2021). RANCANG BANGUN PENGENALAN PARIWISATA LAMPUNG DENGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID. 1(1), 1–10.

Setiawan, A., Prastowo, A. T., & Darwis, D. (2022). Sistem Monitoring Keberadaan Posisi Mobil Berbasis Gps Dan Penyadap Suara Menggunkan Smartphone. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.33365/jtikom.v3i1.1644

Svekis, L. L., Putten, M., & Percival, R. (2021). JavaScript from Beginner to Professional (N. Katare (ed.)). Packt Publishing.

Tresnawati, D., & Setyawan, I. (2021). Rancang Bangun Game Bergenre Role Playing Game Cerita Rakyat Sangkuriang. Jurnal Algoritma, 18(1), 231–236. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-1.818

Yanti, S. N., & Nurhayati, M. (2023). Waterfall Method of Medical Record Application Development Using Php and Mysql Programming Language. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing) , 7(1), 15–25. https://doi.org/10.52362/jisicom.v7i1.1076

Zalukhu, A., Purba, S., & Darma, D. (2023). Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart. Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 4(1), 61–70. https://ejurnal.istp.ac.id/index.php/jtii/article/view/351


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.