Rancang Bangun Game Garuda Terbang berbasis Android menggunakan Metode GDLC
Abstract
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan pada berbagai bidang ,salah satu bidangnya ialah dunia hiburan digital. Game ialah salah satu platform yang dapat memberikan hiburan digital pada pengguna smartphone dengan sistem operasi android maupun ios. Masyarakat Indonesia menghabiskan waktu rata-rata yang cukup signifikan untuk berbagai aktivitas digital setiap hari. Game menjadi salah satu aktivitas favorit di mana masyarakat sering mengalokasikan waktunya untuk bermain game. Peluang ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis dengan membuat game. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk membangun sebuah game yang mengangkat tema lokal yakni burung garuda. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Game Development Life Cycle(GDLC). Metode pemodelan sistem yang digunakan adalah pemodelan terstruktur dengan menggunakan diagram flowchart, VTOC, dan storyboard. Game garuda terbang dibangun menggunakan bahasa pemrograman C# dan game engine Unity 3D. Hasil dari penelitian ini adalah game garuda terbang yang dapat dimainkan di android yang sudah di uji menggunakan metode black box dengan hasil game dapat berjalan dengam normal 100% dan beberapa orang melalui kuisioner pertanyaan SUS mencapai niali 72%.
References
Ariyana, R. Y., Erma Susanti, Muhammad Rizqy Ath-Thaariq, & Riki Apriadi. (2022). Penerapan Metode Game Devlopment Life Cycle (GDLC) pada Pengembangan Game Motif Batik Khas Yogyakarta.INSOLOGI:JurnalSainsDanTeknologi,1(6),796–807.
Aziz, A., & Nita, S. (2020). Implemantasi Game Fantasi“Fantastic Isekai” Berbasis Androiddengan Rpg Maker Mv. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 255–263.
Budiwansyah, M., & Malabay, M. (2022). Pembuatan Game Zombie Smasher dengan Unity berbasis Android.Ikraith-Informatika,7(1),116–125.https://doi.org/10.37817/ikraithinformatika.v7i1.2243
Dedi Saputra, Weiskhy Steven Dharmawan, Muhamad Syarif, D. R. (2023). Analisis & Perancangan Sistem Informasi.
Dr.Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M. T. (2021). Mengukur Usability Perangkat Lunak (Issue 1596).
Irawan Ihya, D., Haryadi, T., & Puji Prabowo, D. (2022). Implementasi Metode System Usability Scale (Sus) Dalam Pengujian Website Fatikha Sweet Honey. Science And Engineering National Seminar, 7(7).
Kurniawan, M. A., Dwi Putra, A., Pasha, D., & Yulianti, T. (2023). Game Edukasi Pengenalan Tapis Lampung Berbasis Android (STUDI KASUS SMPN 5 Banjit Waykanan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3), 270–277.
Lalujan, A., Tulenan, V., & Rindengan, Y. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Role Playing Game (RPG) Tuanku Imam Bonjol. 04(02), 1–7.
Mararizki, W. (2023). Perancangan dan Pembuatan Game “ JUMP CHICKEN ” Berbasis Android. Jurnal Instrumentasi Dan Teknologi Informatika (JITI), 4(2), 75–80.
Mekel, W. J., Sompie, S. R. A., & Sugiarso, B. A. (2019). Rancang Bangun Game 3D Pertahanan Kerajaan Bowontehu. Teknik Informatika, 14(4), 455–464.
Mongi, L. S., Lumenta, A. S. M., & Sambul, A. M. (2019). Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20191
Muhamad Rumakey, A., Dedi Irawan, J., & Wahid, A. (2020). Pembuatan Game 2D “Escape Plan” Dengan Metode Finite State Machine. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 65–72. https://doi.org/10.36040/jati.v4i2.2712
Nauval, M., Ruslianto, I., & Syahru Rahmayuda. (2021). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Budaya Indonesia Menggunakan Unity Egine.9(1), 1–13.
Putra Prima Tbk Saryani, M., & Fahmi Maulana, J. (2019). Design Of Inventory Data Information Systems In PT. Atm, 3(2), 99–108. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/atm.v3i2.897
Putri, R. A. (2021). Monograf Evaluasi Usability Microsoft Teams Menggunaan System Usability Scale (Vols. 370, No.44).
Raharjo, B. (2022). Pemrograman Bahasa C#.
Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Susun Kata Dan Pengenalan Huruf Anak untuk Anak Usia Dini di Cendekia Kids School Madiun. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Tarsini, I., & Anggraeni, R. (2024). Explore flowchart and pseudocode concepts in algorithms and programming. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 3(5). https://doi.org/10.55324/ijoms.v3i5.807
Wahyudinata, A., & Dirgantara, H. B. (2020). Pengembangan Gim Edukasi 2D Pemilahan Sampah Daur Ulang Berbasis Android. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 129–138. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.860
Wibowo, M. C. (2022). Membuat Video Game Dengan 3D Unity (Vol. 1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jl. Auri No. 14-16 Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email : senatik@unipma.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.