Perancangan Aplikasi Presensi Karyawan Menggunakan Face Recognition

Rizka Latifatul Husna

Abstract


Teh Kota merupakan sebuah bisnis minuman es teh kekinian yang berasal dari Blora, Jawa Tengah yang menerapkan sistem franchise. Tetapi saat ini dalam memonitor kehadiran karyawan belum maksimal dikarenakan Teh Kota belum memiliki aplikasi presensi untuk mendata kehadiran karyawan sehingga mempersulit owner untuk melihat ketepatan waktu karyawan saat masuk dan pulang bekerja. Tujuan dori penelitian ini untuk mengatasi masaIah yang ada, yaitu menyediakan aplikasi presensi dengan menggunakan pengenalan wajah (face recognition) secara real time guna mencegah manipulasi dan kecurangan karyawan seperti keterlambatan jam masuk saat bekerja dan titip presensi kepada rekan kerja yang lain dan guna membantu owner dalam menentukan gaji karyawan sesuai dengan rekap presensi. Metode pengembangan sistem yiang digunakan adalah metode Waterfall. Sistem Perancangan Aplikasi Presensi Karyawan Berbasis Mobile dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Dart dan database Firebase. Penelitian ini menghasilkan aplikasi presensi karyawan berbasis mobile yang menyajikan tampilan dan hak akses sebagai karyawan dan admin. Menu-menu yang terdapat pada aplikasi tersebut berjalan normal dan tidak mengalami error atau bug. Dalam mengakses aplikasi tersebut, karyawan dan admin tidak mengalami kendala sehingga mudah untuk digunakan.


References


Aisyah, S. (2019). Jurnal Teknovasi Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pada Perusahaan Leasing Siti Aisyah Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknoogi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia Jurnal Teknovasi ISSN : 2540-8389. Jurnal Teknovasi, 06(1), 1–16.

Alwi, D. A., & Budiyanto, N. E. (2021). Aplikasi Presensi Karyawan Berbasis Android Mengggunakan Pustaka OpenCV (Studi Kasus Radio Rasika Ungaran Salatiga Ambrawa). 171–177.

Bastian, I. (2007). Akuntansi Yayasan dan Lembaga Publik (S. Saat & W. Hardani (eds.)). Penerbit Erlangga.

Destriana, R., Husain, S. M., Nurdiana Handayani, & Siswanto, A. T. P. (2021). Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Deepublish.

Hidayah, T. N., & Saifudin, A. (2023). Perancangan Sistem Presensi Berbasis Pengenalan Wajah Guna Mencegah Pemalsuan Data Kehadiran Siswa. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 2(2), 472–477.

Isputrawan, M. F. (2023). Pengembangan Aplikasi Absensi Berbasis Web Menggunakan Face Recognition. Jurnal Teknoinfo, 17, 55–65.

Karnovi, R., Habibi, R., & Fauzan, M. N. (2020). Tutorial Membuat Aplikasi Sistem Monitoring Progres Pekerjaan Dan Evaluasi Pekerjaan Pada Job Desk Operational Human Capital Menggunakan Metode Naive Bayes (R. M. Awangga (ed.)). Kreatif.

Mulyadi. (2023). Antara Teknologi Dan Teologi Theopanoptik Dalam Pendisiplinan Aktor Di Perpustakaan. PT. RajaGrafindo Persada.

Rahmah. (2020). Implementasi Dan Pengujian Sistem.

Rambe, B. H., Pane, R., Irmayani, D., Nasution, M., Munthe, I. R., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2020). UML Modeling and Black Box Testing Methods in the School Payment Information System. Jurnal Mantik, 4(3), 1634–1640.

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Elex Media Komputindo.

Sadriansyah, M. G. L. P. S. R. N. Y. T. W. H. O. (2020). Media Pembelajaran Dengan Metode Gamification Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Di Masa Covid-19. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Sam, R., & Rahman, S. (2018). Perancangan aplikasi presensi kelas dengan menggunakan metode pengenalan wajah secara kolektif. 5(2), 81–91.

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121.

Suriya, D. S., & S., N. (2023). Design of UML Diagrams for WEBMED - Healthcare Service System Services. EAI Endorsed Transactions on E-Learning, 8(1), e5. https://doi.org/10.4108/eetel.v8i1.3015

Suryansah, A., Habibi, R., & Awangga, R. M. (2020). Penggunaan Face Recognition Untuk Akses Ruangan (Bukel). Kreatif.

Syahputra, Z. (2022). Implementasi Deteksi Wajah pada Sistem Absensi Dengan Menerapkan Teknik Face Recognition. Snastikom, 1(01), 337–341.

Wahyudi, T., & Faqih, H. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Presensi Menggunakan Metode Waterfall. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 7(2), 120–129.

Wali, M., Sepriano, Nengsih, T. A., Hts, D. I. G., Antoni, Hasanuddin, Basrul, Choirina, P., Awaludin, A. A. R., Ismail, Muh.Yusuf, Aminuddin, F. H., Purwandari, N., Munandar, Baradja, A., & Rachamat. (2023).

Pengantar 15 Bahasa Pemrograman Terbaik Di Masa Depan (Referensi & Coding Untuk Pemula) (A. Juansa & Efitra (eds.); Bukel). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://doi.org/978623094033, 623092403X

Wijaya, R. Y., Saputra, N. A., & Trisno, I. B. (2023). Travel Journal Application as an Android-Based Traveling Visitor Using Firebase. JISA(Jurnal Informatika Dan Sains), 6(1), 8–13. https://doi.org/10.31326/jisa.v6i1.1446

Yuni Sugiarti. (2013). Analisis Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6. Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.