Rancang Bangun Media Pembelajaran Fisika Pada Mata Pelajaran IPA Berbasis Web

Ardian Suryo Frino

Abstract


Rancang bangun media pembelajaran fisika pada mata pelajaran IPA berbasis web (Studi Kasus: MTsN 3 Madiun) dapat mempermudah proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif. Media pembelajaran ini dirancang dan dibangun sebagai perantara yang dapat menunjang dan membantu siswa dalam memahami konsep materi konsep gaya pada proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran ini, diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan kepada siswa. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui cara merancang dan membangun media pembelajaran fisika pada mata pelajaran IPA berbasis web (Studi Kasus: MTsN 3 Madiun). Metode yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini adalah metode RAD (Rapid Application Development) dan menggunakan model UML sebagai model pengembangannya. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran fisika pada mata pelajaran IPA berbasis web. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, WampServer sebagai basis data, dan menggunakan text editor Visual Studio Code.

Full Text:

PDF

References


Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 47–57.

Adlini, M. M., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Aini, N., Wicaksono, S. A., & Arwani, I. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD)(Studi pada: SMK Negeri 11 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(9), 8647–8655.

Arliyana, A., & Riyadli, H. (2020). Penerapan Rapid Application Development pada Pengembangan Sistem Informasi Penanganan Lahan Gambut Palangka Raya. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(2), 31. https://doi.org/10.35889/jutisi.v9i2.493

Azkiyah, M. K., & Novichasari, S. I. (2022). IMplementasi Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lulusan Terbaik. Lakeisha.

Danaswari, C., & Gafur, A. (2018). Multimedia pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran akuntansi SMA untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 204–218. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15543

Dendi Rachmatsyah, A., Prasetyo, F. H., Atma Luhur, S., Bangka Belitung, P., Kamal Raya No, J., Jakarta Barat, C., Studi Sistem Informasi, P., & Atma Luhur Pangkalpinang, S. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Umum pada Desa Benteng Kota Berbasis Web dengan Metode Rad Public Service Information System In Benteng City Village Web-Based With Rad Method. Teknomatika, 10(01), 1–5.

Fauzi, A. I. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus : Jami’Iyyatul Khair). 1–169. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55649/1/AHMAD IMAM FAUZI-FST.pdf

Haloho, K. H., Tanjung, R., & Sudarma, T. F. (2019). Rancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Website Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Kelas Xi. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 5(1), 41. https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i1.12380

Hamzah, H., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 77. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1192

Hendri Adi, N., Fernandes, A. L., & Hermansyah, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 103–114. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.414

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3051

Nurhasanah, A., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepasaa Masyarakat, 3(1), 166–173.

http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066

Puspa Putri, D. A. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 156. https://doi.org/10.31602/tji.v10i3.2230

Putra, M. Y., & Lolly, R. W. R. (2021). Sistem Aplikasi Penjualan Souvenir Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, 5(2), 151. https://doi.org/10.51211/isbi.v5i2.1548

Rozi, F., & Kristari, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 35. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1561

Saputra, G. Y., Harjanto, A., & Ningsih, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Energi di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muara Badak Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 2(2), 10–24. https://doi.org/10.52435/jaiit.v2i2.67

Yolanda, S. E., Sutrio, & Gunawan. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkrusi Terbimbing Berbantuan Video Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.