Rancang Bangun Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android Kelas VII

Nurul Huda Asmara

Abstract


Abstract: At Junior High School 3 Maospati still applying lecture learning techniques, question and answer sessions, discussions, and assignments so that students do not understand the material provided, this application is made so that students are not bored in the learning process. The purpose of this research is to find out how to design and create an Android-Based Solar System Learning Media for Class VII Students at Junior High School 3 Maospati. The system development method used in making this learning media is the waterfall method. This study resulted in an Android-based Solar System learning media in junior high school for class VII. Android-based learning media, created using Adobe Animate and tested using a black box.

 

Keywords: Learning Media, Android, Adobe Animate

 

Abstrak: Pada SMP Negeri 3 Maospati masih menerapkan teknik pembelajaran ceramah, sesi tanya jawab, diskusi, serta tugas sehingga siswa kurang memahami materi yang disediakan, maka dibuatlah aplikasi ini supaya siswa tidak jenuh pada proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merancang dan membuat Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android Bagi Siswa Kelas VII pada SMPN 3 Moaspati. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini adalah metode Waterfall. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Tata Surya berbasis Android bagi kelas VII. Media pembelajaran berbasis Android, dibuat dengan menggunakan Adobe Animate dan telah diuji menggunakan black box hasilnya berfungsi semua tombol serta kusioner penilian siswa yang mendapatkan respon yang baik dari siswa.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Adobe Animate


Full Text:

PDF

References


N. Safaat (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Smartphone Android (Studi Kasus: Materi Sistem Tata Surya Kelas IX). Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. UIN SUSKA Riau.

I. Astuti, R. Sumarni, D. Saraswati (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Universitas Indraprasta PGRI.

Supriyono, Sudarmilah et al (2015). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa dan Huruf Jawa Berbasis Adobe Flash CS6. The 2nd University Research Coloquium. UMS.

S. Latifah, R. Ratnasari (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. IAIN Raden Intan Lampung.

F. Rahmaibu, F. Ahmadi, F. Prasetyaningsih (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang.

Yuliawati, Aribowo et al (2020). S Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)

F. Sifauttijani (2017). Pencarian Rumah Makan Berbasis Android. Universitas Muria Kudus.

Selfia, Ka (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis Berbasis Augmented Reality Bagi Siswa Smk Kelas X. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Supriyani, Oktaviana (2020). Perancangan Animated Storyboard Serial Animasi Keluarga “Rumahku” Perancangan. Institut Seni Indonesia.

Ritonga, Bangun, Pane (2021). Perancangan Program Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Dengan Menggunakan Adobe Flash

Professional cs6 (Studi Kasus SD Swasta Sripinang). Journal Computer Science and Information Technology(JCoInT). Universitas Labuhanbatu.

Jayanti, Wiratomo (2017). Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Universitas Indraprasta.

M. Payana, H. Pramunsyie (2019). Perancangan Media Pembelajaran English Grammar Berbasis Android. Journal of Informatics and Computer Science. Universitas Ubudiyah Indonesia,.

R. Gunawan (2020). Pembuatan Absensi Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall Untuk Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Ipi Garut. Gunahumas. Institut Pendidikan Indonesia Garut.

Rosa, Sunardi, Setiawan (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global. Universitas Indo Global Mandiri.

S. Siregar (2018). Tata Surya. Journal International Astronomial Union. Instituto de Tecnologías en Detección y Astroparticulas y UTN

H. Batubara (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/M. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.

S. Alfarisi (2019). Aplikasi Media Pengenalan Jenis Kamera dan Lensa Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global.

Samsudin, Irawan et al (2019). Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc. Jurnal Teknologi Informasi.

Arie Sandy, Teguh & Nur Hidayat, Wahyu (2019). Game Mobile Learning. : Ahlimedia Book.

P. Oktavia (2021). Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Al Fatih.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.