Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif IPA Sistem Pencernaan Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Android Di SMPN 2 Balerejo

Rizki Brian Oktavian

Abstract


Pada SMP Negeri 2 Balerejo Madiun media pembelajarannya masih menggunakan teknik ceramah, buku ajar, serta masih menggunakan alat peraga yang sudah tidak layak, sehingga siswa kesulitan memahami materi yang disajikan, oleh karena itu dibuatlah Media Pembelajaran Interaktif IPA Sistem Pencernaan Berbasis Android sebagai solusi siswa agar tidak merasa bosan selama proses belajar. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi IPA Sistem Pencernaan berbasis Android pada SMPN 2 Balerejo Madiun khususnya kelas VIII. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode RAD (Rapid Application Development) dengan tujuan mempermudah tahapan pengembangan dan penggelaran aplikasi sistem pencernaan di SMPN 2 Balerejo. Pada penelitian ini menghasilkan menu KD Indikator, menu materi, menu video dan menu kuis yang sesuai kebutuhan materi. Pengujian ini menggunakan metode kuesioner dimana tampilan dan fitur aplikasi berjalan sesuai yang diharapkan. Hasil validasi guru memperoleh 83,25% dengan kriteria “sangat layak” dan uji respon siswa memperoleh 82% dengan kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Saran kedepannya dapat dikembangkan tambahan fitur 3D pada ikon organ sistem pencernaan agar lebih menarik

Full Text:

PDF

References


Adventyana, B. D., dkk. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Implementasi Pembelajaran Inovatif untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3951–3955.

Anardani, S., dkk. (2023). Analisis Perancangan Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Kerjasama Menggunakan UML. Remik, 7(1), 522–532. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12070

Anjarwati, A., dkk. (2022). Pemahaman Tentang Sistem Pencernaan Manusia dan Hewan Siswa SDN Sukabumi 6 Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 250–258. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/

Auliani, A., et all. (2023). Development of Problem-Based Learning-Based E-Modules Using Adobe Flash Professional CS6. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 525–532. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2332

Ediyani, M., et all. (2020). Study on Development of Learning Media. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1336–1342. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.989

Efdiningsih, E., dkk. (2023). Perancangan Sistem Informasi Arsip Kontrak Vendor Berbasis Web Menggunakan Boostrap di PT Perkebunan Nusantara VI. Journal on Education, 05(04), 11397–11405. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2082%0Ahttp://jonedu.org/index.php/joe/article/download/2082/1723

Fajri, P, W. (2020). Penentuan Dan Share Promo Produk Kepada Pelanggan Dari Website Ke Media Sosial Berbasis Desktop (W. Fajri, Parhan (ed.)). Kreatif Industri Nusantara. https://www.google.co.id/books/edition/RANCANG_BANGUN_APLIKASI_PENENTUAN_DAN_SH/zCcMEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=0

Fernando, J., dkk. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Carwash & Autocare Berbasis Android Pada Mahkota Motor Jaya Makmur. Jurnal Teknoinfo, 17(1), 127. https://doi.org/10.33365/jti.v17i1.2294

Gayatari, N, A, G. (2023). Educational Game Design Sorting Waste Android Based. 14(1), 11–18.

Habibi, R. (2020). Aplikasi Kehadiran Dosen Menggunakan PHP OOP (R. Habibi (ed.)). Kreatif Industri Nusantara.

Hasibuan, A. I. A., dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 257–268. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.228

Karim & Handy. (2023). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Computech & Bisnis, 8(1), 43.

Maharani, R, A., et all. (2023). Development of Learning Media Assisted Adobeflash CS7 by Using the Demonstration Method in Science Learning. 9(7), 5376–5382. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.4535

Miarsyah, M. (2020). Development of Adobe Flash Media Integrated Into HOTS on Circulation System (AF-HOTS Bicycle Media). International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9(1), 896–903. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/128912020

Oktaviana, V., dkk. (2022). Pengembangan Komik Biologi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 7(1), 66. https://doi.org/10.24127/jlpp.v7i1.2093

Rohmad Khoirudin, R., & Putri, D. A. P. (2022). Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Website. Abdi Teknoyasa, 4(1), 61–69. https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v3i1.455

Sari, L. N., & Bintang, P. (2022). Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia Berdasarkan. Pendidikan Dan Pengajaran |, 3(3), 2022. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i3.13222

Sukariasih, L., et all. (2019). Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4), 322–329. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i4.1454

Sulistyanto, F., dkk. (2021). Sistem Informasi E-Bansos Berbasis Web Pada Kelurahan. 12(1), 31–37.

Surahmat, A. (2023). Pada Percetakan Cubic Art. 7(1), 81–86.

Susanto, A., & Handayani, S. F. (2022). Aplikasi Pencarian Jasa Pangkas Rambut Di Bandar Lampung Menggunakan Algoritma a-Star Berbasis Android. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 3(1), 39. https://doi.org/10.33365/jdmsi.v3i1.1944

Susanto, H., dkk. (2023). Evaluasi Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sejarah Proklamasi Berbasis Android. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9(01), 130–143. https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i01.7054

Syafutra, W., dkk. (2022). Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ) Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ). Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 108–118. https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPPM/article/view/917/526

Syahron, Z. A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Monitoring Data Sewa Atm Dengan Metode Rapid Application Development ( Rad ) Berbasis Web ( Studi Kasus : Pt . Bank Mandiri ( Persero ) Tbk Area Tangerang Kisamaun ). Jurnal Informatika MULTI, 1(1), 65–70.

Syaputra, M. A., dkk. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Transaksi Perawatan Motor pada Mora Oil Berbasis Java. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 4(01), 69–76. https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4814

Zalukhu, D. J., dkk. (2023). Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Daerah Nias Berbasis Android dengan Metode Rapid Application Development (RAD) Menggunakan Android Studio. Computer Journal, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.58477/cj.v1i1.30


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.