Implementasi Mobile Learning Menggunakan Adobe Flash CS6 Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD

Yesi Widyasari, Yoga Prisma Yuda

Abstract


Penelitian ini berawal dari rendahnya minat belajar di SDN Ngale 4 Ngawi, terutama dalam konteks mata pelajaran Matematika yang mencakup materi FPB dan KPK. Pada saat ini, pembelajaran di SDN Ngale 4 masih menggunakan pendekatan konvensiona atau tradisonal. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi dalam pendekatan pembelajaran yang dapat berdampak positif terhadap peningkatan minat siswa, yaitu melalui penerapan pembelajaran berbasis mobile learning. Solusi ini melibatkan pembangunan aplikasi mobile learning dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Pengembangan aplikasi mobile learning dirancang menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan Storyboard. Metode yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi adalah metode ADDIE. Tahapan pada Metode ADDIE meliputi; (1) Analisis; (2) Desain; (3) Devolopment (pengembangan); (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Aplikasi yang sudah dikembangkan kemudian mengalami pengujian melalui penggunaan kuesioner dan uji coba black box. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesuksesan dalam menciptakan aplikasi mobile learning yang mampu memikat perhatian siswa dalam proses pembelajaran serta membantu mempermudah pemahaman mereka terhadap materi. Keberhasilan ini dapat dilihat dari hasil kuesioner yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 87,57%, dengan kategori "sangat setuju".


Full Text:

PDF

References


Angraini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi FPB dan KPK di SD Negeri 02 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 142–150.

Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950.

Chao, C. M. (2019). Factors Determining The Behavioral Intention to Use Mobile Learning: An application and Extension of the UTAUT Model. Frontiers in Psychology, 10(1652), 1–14.

Eunike, O., Liando, S., Rianto, I., Ronald, W., & Paat, L. (2022). Aplikasi Mobile Learning Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 172–183.

Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556

Jamaris, Hidayat, H., & Muji, A. P. (2021). Mobile Learning Application: Effect of Learning Readiness and Community Learning Toward Technology Management and Mobile Learning. International Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 17(13), 20–32.

Jayanti, A., Hartanto, S., & Husna, A. (2022). So-mathec media pembelajaran mobile berbasis android studio pada pembelajaran matematika SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 174–188.

Koç, H., Erdoğan, A. M., Barjakly, Y., & Peker, S. (2021). UML Diagrams in Software Engineering Research: A Systematic Literature Review. Procedings, 74(13), 1–8.

Laswadi. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Mobile Learning untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. 04(04), 1979–1988.

Latif, R. A., & Nor, M. Z. M. (2020). Using The ADDIE Model to Develop a Rusnani Concept Mapping Guideline for Nursing Students. Malaysian Journal of Medical Sciences, 27(6), 115–127.

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Mariati, P., Asmarani, R., Sunanto, S., & Hardiningrum, A. (2021). Inovasi Pembelajaran Seni Berbasis Mobile Learning bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5783–5792. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1741

Muhammad, I., & Yolanda, F. (2022). Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Profesional Sebagai Media Pembelajaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 1–12.

Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal TeknoIf, 7(1), 32–39.

Rokhim, A., & Rohmah, S. L. (2020). Pembuatan Aplikasi Mobile Pembelajaran Adab Dan Do’A menggunakan Metode Addie. Jurnal Spirit, 12(1), 26–31.

Rokhim, M. A. (2021). Peranan Media Gagdet Dalam Implementasi Kebijakan Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19. Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam Volume, 19(1), 87–110.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268.

Siburian, S., Hutagalung, S. M., & Daulay, S. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Learning Media in Short Story-Based on Learning Text of Advanced Local Community of Batak Toba Students in Tanjungmorawa. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 591–599.

Simarmata, J., Sari, D. C., Purba, D. W., Mufarizuddin, & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transpormasi Digital (Issue October).

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 17–22.

Sujono, & Komsari, A. (2021). Animasi Pembelajaran Gerbang Logika berbasis Adobe Flash Profesional.

Sukariasih, L., Erniwati, E., & Salim, A. (2019). The Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4), 322–329.

Wati, L. I., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 65–76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.