Rancang Bangun Game Edukasi Reog Ponorogo Berbasis Android Dengan RPG Maker Engine

Awang Willian Nursadewa

Abstract


Rancang bangun game edukasi Reog Ponorogo berbasis Android dengan engine RPG Maker ini bertujuan untuk menjadikan game sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengenalkan Reog Ponorogo. Game bergenre RPG (Role-playing game) adalah sebuah game bergenre dengan elemen alur cerita dan peran karakter utama. Bermain peran dalam permainan akan membuat pemain merasa seperti karakter utama dari permainan. Bermain game sambil belajar dan bermain sangat bermanfaat saat ini karena pembelajaran di sekolah masih pasif terutama mendengarkan cerita sehingga anak menjadi bosan dan mengantuk. Dalam permainan tersebut terdapat cerita dari awal yaitu Klono Sewandono yang bersama pasukannya ingin melamar putri kerajaan Kediri, Dewi Songgolangit. Selain itu, ada karakter dan item kekuatan yang berbeda dalam pertempuran di jalan yang secara bertahap menjadi poin menarik yang membuat pemain bersemangat saat memainkan permainan. Bahasa yang digunakan dalam game ini adalah bahasa Indonesia, karena target pengguna game ini adalah anak-anak usia 5-12 tahun masih terlalu dini untuk mengenal reog ponorogo. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Hasil dari penelitian ini diberikan dalam bentuk game edukasi Reog Ponorogo berbasis Android sebagai sarana edukasi mengenalkan Reog Ponorogo.

Full Text:

PDF

References


Afrianto, I., & Furqon, R. M. (2018). The Herbalist Game Edukasi Pengobatan Herbal Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(2), 27. https://doi.org/10.21456/vol8iss2pp27-34

Amirulloh, T. R. A., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 5(2), 115–123. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/viewFile/5355/3634

Arpiansah, R., Fernando, Y., & Fakhrurozi, J. (2021). Game Edukasi VR Pengenalan Dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode MDLC Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 88–93.

Febiharsa, D., Sudana, I. M., & Hudallah, N. (2018). Uji Fungsionalitas (Blackbox Testing) Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (SILSP) Batik dengan AppPerfect Web Test dan Uji Pengguna. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 1(2), 117. https://doi.org/10.31331/joined.v1i2.752

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Kurniadani, W., Aliyadi, A., & Fajaryanto, A. (2018). Pembuatan Game 2D Berjudul “Si Bujang Ghanong” Sebagai Sarana Edukasi Bagi Masyarakat Menggunakan Construct 2. Komputek, 2(1), 75. https://doi.org/10.24269/jkt.v2i1.70

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Mulyanto, A., Apriyadi, A., & Prasetyawan, P. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi “Matching Aksara Lampung” Berbasis Smartphone Android. Computer Engineering, Science and System Journal, 3(1), 36. https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8225

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919

Prasetyo, W. B., & Hidayat, M. J. (2019). PONOROGO UNTUK ANAK TAMAN KANAK-KANAK Jurusan Desain Produk - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, Dan Infrastruktur, 1, 360–365.

Pratama, A., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Budaya Reog Ponorogo sebagai Suplemen Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p009

Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2018). Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12827

Ramadaniati, S., Sani, D. A., & Arif, M. F. (2021). Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Information Technology, 1–8. https://ejurnal.itats.ac.id/integer/article/download/1200/1568

Rokhman, N., & Ahmadi, F. (2020). Pengembangan Game Edukasi si Gelis Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. Edukasi, 14(2), 166–175. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i2.27477

Rosida, N. B., & Yermiandhoko, Y. (2020). PENGEMBANGAN GERI ( GAME EDUKASI HARMONI KEDIRI ) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF MATERI LAGU DAN TARI Abstrak. Jpgsd, 08(02), 250–259.

Sidhartani, S. (2018). Merancang Karakter Dalam Cerita Rakyat Terciptanya Kesenian Reog Ponorogo. 01(01), 82–91.

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2019). Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 273–276.

Wulansari, N. I., & Admoko, S. (2021). Eksplorasi Konsep Fisika pada Tari Dhadak Merak Reog Ponorogo. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 163–172. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.163-172

Zulkarnais, A., Prasetyawan, P., & Sucipto, A. (2018). Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android. Jurnal I: Jurnal Pengembangan ITnformatika, 3(1), 96–102. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/621


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.