ANALISA KESUKSESAN APLIKASI MADANG BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DELONE DAN MCLEAN

Ing. F Bayu Andoro, L.Anang Setiyo W, L.Anang Setiyo W

Abstract


: Penelitian ini dilakukan atas dasar meninjau dari kompleksnya aplikasi Madang. Model kesuksesan sistem aplikasi dalam penilitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi Delone dan McLane (Model Kesuksesan SI D&M) dengan melakukan pengujian sampai dengan pada kepuasaan pengguna. ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif varibel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna serta mengetahui keberhasilan aplikasi Madang. Sampel dari penelitian ini adalah masyarakat di kota semarang dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda sebagai metode analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh posiitf dan signifikan variabel kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna Madang. Variabel kualitas layanan mempunyai pengaruh dominan untuk pengembangan aplikasi selanjutnya.

Kata kunci: Android, Smartphone, Delone dan McLane


Full Text:

PDF

References


Buana, Ida Bagus Gede Mawang, and Ni Gusti Putu Wirawati. 2018. “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi , Kualitas Informasi , Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 22 (1): 683–713.

DeLone, William H., and Ephraim R. McLean. 2003. “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update.” Journal of Management Information Systems 19 (4): 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748.

Khan, Esam Ali, and Mohd Khaled Yousef Shambour. 2018. “An Analytical Study of Mobile Applications for Hajj and Umrah Services.” Applied Computing and Informatics 14 (1): 37–47. https://doi.org/10.1016/J.ACI.2017.05.004.

Ong, Chorng-Shyong, Min-Yuh Day, and Wen-Lian Hsu. n.d. “The Measurement of User Satisfaction with Question Answering Systems.” https://doi.org/10.1016/j.im.2009.07.004.

Padatamu, Survei, Pelanggan Yang Menginap Di Hotel, Pelangi Malang, Selvy Normasari, Srikandi Kumadji, and Andriani Kusumawati. 2013. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | 6 (2). www.disbudpar-kotamalang.com.

Prasojo, Luqman Habieb, Dudi Pratomo, and M Ak. n.d. “PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM, DAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI RAIL TICKET SYSTEM (RTS) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM (Studi Kasus Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 2 Bandung) The Influence of Inormation Quality, Systems Quality, and Service Quality of Rail Ticket System (RTS) Application to User Satisfaction of the System (Studi Kasus Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 2 Bandung).”

Septiayu, Dian, Fendini Kertahadi, Riyadi Fakultas, and Ilmu Administrasi. n.d. “PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA.”

Singgih Santoso. n.d. Mahir Statistik Parametrik - Singgih Santoso - Google Books. Accessed September 5, 2020. https://books.google.co.id/books?id=CTOyDwAAQBAJ&pg=PA236&dq=statistik+uji+validitas&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwicsOTW2tDrAhXh8HMBHSFfBfgQ6AEwBnoECAYQAg#v=onepage&q=statistik uji validitas&f=false.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.