Analisis Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 2 Sdn Beran 4 Ngawi

Nurul Janahti, Darmadi Darmadi, Lis Yanthi Nurhayati, Lina Cahyawati

Abstract


Tingkat ketercapaian proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar. Banyak hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya mteode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Hasil belajar dapat dilihat dari  nilai ulangan harian. Siswa kelas 2 di SDN BERAN 4 NGAWI masih banyak yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Guru berupaya menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model pembelajaran kooperatif.  Model Problem Based Learning (PBL) menuntut siswa untuk aktif dan saling mendukung satu sama lain untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil uji  Paired Samples Test menunjukkan bahwa t hitung (8,380) > t tabel (2,07961) dan sig. (0,00) < α (0,05), artinya H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan metode Problem Based Learning.


Keywords


Model Pembelajaran; PBL; Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rhineka Cipta.

Arleli, 2012. Meningkatkan minat belajar pada pembelajaran IPS IPS Ekonomi Model berfikir kreatif (creative Thinking model).

Asep J, dan Abdul H, 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta : Multi Persindo Ary, Donald dkk. Pengantar penelitian dalam pendidikan terjemahan Arief.

Firmansyah, D. 2015. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan UNSIKA 3(1) : 24-. 44.

Furchman. 2011. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hamruni, 2012. Strategi pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan : PT Rajagrafindo Persada. Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kiptiyah, M. 2006. Persepsi siswa tentang bimbingan belajar dan minat belajar serta hubungannya dengan hasil belajar IPS Ekonomi, skripsi. Universitas Jambi. Jambi.

Neolaka, Amos. 2014. Metode penelitian dan statistik. Bandung : PT Remaja Rosda Karya. Offset.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sastrawati, E. 2011. Pengaruh media pembelajaran problem based learning dan startegi metakognitis terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi pada mata pelajaran matematika sekolah menegah pertama. Tidak dipublikasikan.

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rhineka Cipta Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kauntitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta.

Sumitro, dkk. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wena, K. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Janahti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.