Systematic Literature Review: Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa

Salma Anditha, Iwan Permana Suwarna

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis literatur yang berhubungan pada topik pengembangan e-modul IPA berbasis problem based learning dalam tingkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) pada pedoman PRISMA melalui sampel berupa data sekunder dari artikel yang ditelusuri pada Crossef dan Google Scholar. Artikel yang ditemukan diseleksi dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditetapkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil dari metode systematic literature review (SLR) yang sudah dilaksanakan peneliti, terdapat 5 dari 298 literatur yang layak untuk dianalisis. Hasil artikel yang layak menunjukan bahwa pengembangan e-modul IPA berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa dapat meningkatkan literasi sains siswa secara signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung peneliti lain dalam memperoleh literatur terkait pengembangan e-modul IPA berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa


Keywords


E-modul, Problem based learning, Literasi sains, IPA

Full Text:

PDF

References


Alannawa, R., & Hidayati, L. (2021). Analisis Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran Bidang Keterampilan Tata Busana. Jurnal Unesa, 10, 1–10.

Asnidar, Safriana, Jalil, S. M., Sakdiah, H., & Zahara, S. R. (2024). Development of E-Modules on Problem Based Learning to Enhance Students Science Literacy. Asian Journal of Science Education, 3(1), 81–89.

Dewi, N. S., & Dasari, D. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Pembuktian Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 07, 240–254.

Farida, Pratiwi, D. D., Andriani, S., Pramesti, S. I. D., Rini, J., Wkuswanto, C., & Sutrisno, E. (2020). Development of Interactive Mathematics E-Module Using Visual Studio. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012017

Fauziah, N., Hakim, A., & Handayani, Y. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Green Chemistry Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 31–35. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1203

Kaniyah, Y., Purnamasari, I., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 101–108. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i2.302

Khoirunisa, U. (2016). Pengembangan E-Modul Materi Coreldraw X6 Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Untuk Siswa Sekolah Menegah Atas Kleas X (Issue June). Universitas Negeri Yogyakarta.

Monica, R., Shafiya, A. I., Nurfadilah, V. I., Hafiza, I., Krisnadi, H., & Nurdin, N. M. (2018). Pendekatan Positive Deviance Dalam Upaya Peningkatan Tingkat Kehadiran Sasaran Posyandu. Media Gizi Indonesia, 12(2), 173. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i2.173-182

Muslihat, R., Hindriana, A. F., & Abidin, Z. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Dengan Media Canva Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X Sman 1 Mandirancan. Jurnal PGSD, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4302

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056

Setiawan, A. R. (2019). Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 42–46. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i2.19250

Sholihah, U. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Virtual pada Materi Busana Casual Pria. Jurnal Mahasiswa Unesa, 7(2), 106–113. http://jurnalmahasiswaunesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/24853

Sukir. (2019). Video based e-module development by using smartphone for programmable logic controllers practical learning in vocational high school. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 535(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/535/1/012018

Supratman, S., Noviat, W., & Hidayanti, N. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis Problem Based Learning terhadap Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 623–631. https://doi.org/10.5281/zenodo.7635614


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salma Anditha, Iwan Permana Suwarna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.