Analisis Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah IPA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Ariq, M. I., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas E-LKPD “Ekosistem” Berbasis Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 562–571. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p562-571
Ariza Rahmadana Hidayati, Wirawan Fadly, & Rahmi Faradisya Ekapti. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68
Bestiyana, R. A., & Wijayanti, P. (2018). Profil Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Matematik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. MATHEdunesa, 7(1), 101–108.
Halim, A. (2022). Kemampuan abad 21. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3, 404–418.
Herawati, L., & Irwandi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneunship Vi, 1–9. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/211
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296
Juniar Maulani. (2022). Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(2), 106–123. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11613
Khairani Astri, E., Siburian, J., & Hariyadi, B. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Peserta Didik. Biodik, 8(1), 51–59. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16061
Maknun, J. (2020). Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Improve Understanding Physics Concepts and Critical Thinking Skill of Vocational High School Students. International Education Studies, 13(6), 117. https://doi.org/10.5539/ies.v13n6p117
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL BASICEDU: Research & LearninginElementary Education, 4(3), 577–585.
Marzuki, A. D., & Prayunisa, F. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Pada Jenjang Sd Dan Smp Dalam Memahami Pembelajaran Ipa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 946–951. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4369
Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 147–154.
Ofan. (2019). Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Gaya Gravitasi Bumi Di Kelas V Sdn 9 Labuan. 2(2).
Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). Princeton, New Jersey: Princeton University Press.
Rahayu, O.-, Siburian, M. F., & Suryana, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di MTs. Asnawiyah Kab. Bogor. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(1), 15. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8080
Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338
Royani, Yanto, A., & Yuyu, Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaning pada Pembelajaran IPA. 757–763.
Safitri, H. B., & Putra, L. V. (2022). Pengaruh Metode Science Literacy Circles (Slc) Berbasis Literasi Sains Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 70–84. https://doi.org/10.24929/alpen.v6i2.125
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17219
Syamsinar, S., Ali, S., & Arsyad, M. (2023). Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik di SMA Negeri 2 Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 322–331. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2327
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, 10(2), 178–187.
Widia Aprilia, Lika Apreasta, D. E. P. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education. Innovative: Journal of Social Science Research, 586–591(2), 552–560.
Widyapuraya, N. W., Suryana, A. L., & Wilujeng, I. (2023). Profile of Critical Thinking Skills of Junior High School Students. 9(3), 1368–1374. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.1723
Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa The Implementation Of Discovery Learning Model In Improving Science Process Skills, Critical Thinking, And Self-Confidenc. 48–58.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rhesa Bela Delia Putri, Lingga Nico Pradana, Diyan Marlina
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.