Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Strategi Diferensiasi Melalui Metode Lesson Study pada Topik Bumi dan Tata Surya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anis Wahdati Sholekah. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi
Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal
Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Hati, S. M. (2021). Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz dalam melakukan asesmen
diagnostik non kognitif siswa kelas 12 IPS lintas minat di SMA YPHB Kota Bogor. Arus
Jurnal Pendidikan, 1(3).
Intiana, S. R. H., Prihartini, A. A., & ... (2023). Independent Curriculum and the Indonesian
Language Education throughout the Era of Society 5.0: A Literature Review. AL-ISHLAH:
Jurnal …, 15, 911–921. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.3140
Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). REFLEKSI DIRI GURU BAHASA INDONESIA
DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH PENGGERAK.
Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2).
https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.14701
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai.
JULAK: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(1).
Lee, Y. W., & Sawaki, Y. (2009). Cognitive diagnosis approaches to language assessment: An
overview. In Language Assessment Quarterly (Vol. 6, Issue 3).
https://doi.org/10.1080/15434300902985108
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang
Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP.
JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3).
https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69
Ramadhani, F. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED
LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA
MATERI BIOTEKNOLOGI DAN PRODUKSI PANGAN DALAM PEMBELAJARAN
DARING. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.21449
Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent
Curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(4), 32–41. https://ejournal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps
Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind
Mapping di Kelas X MIPA 3. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26–32.
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32188
Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap
SENASSDRA 116
Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di
SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Setiawati, G. A. D. (2019). Lesson Study dalam Mata Kuliah Genetika Melalui Model Problem
Based Learning pada Program Studi Pendidikan Biologi UNMAS Denpasar. Indonesian
Journal of Educational Science (IJES), 1(2). https://doi.org/10.31605/ijes.v1i2.257
Slameto. (2012). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.
Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran
E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2).
https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16
Sulhan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar,
(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23735
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan
Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.
https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.
Sesiomedika.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Ar-Ruzz Media, 6(1).
Tomlinson, C. A. (2001). How TO Differentiate instruction in mixed-ability classrooms. In
Association for Supervision and Curriculum Development.
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based
learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nassa Amrilizia, Nurul Kusuma Dewi, Susi Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.