Implemetasi Model Value Clarification Technique (VCT) dalam mata pelajaran PPKn

Ferra Novita Sari, Nuswantari Nuswantari, Yuni Harmawati

Abstract


Proses pembelajaran merupakan aspek penting dalam kehidupan, dan penggunaan model pembelajaran merupakan salah satu strateginya. Paradigma Teknik Klarifikasi Nilai (VCT) digunakan dalam penelitian ini sebagai strategi pembelajaran untuk mencapai pendidikan nilai. Memahami dan mendeskripsikan bagaimana Teknik Klarifikasi Nilai (VCT) digunakan dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan langkah-langkah awal dalam penerapan Teknik Klarifikasi Nilai (VCT) pada pembelajaran PPKn. Pertama, melalui model kebebasan memilih kasus, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam menerapkan Teknik Klarifikasi Nilai (VCT) dalam mata pelajaran PPKn. Mereka menjadi berani memberikan tanggapan, aktif mengajukan pertanyaan, atau menjawab pertanyaan, dan tidak mudah menyerah. Mereka juga berani mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas.Kedua, pada langkah kedua Teknik Klarifikasi Nilai (VCT), yaitu menghargai, siswa mampu menghargai siswa lain dan guru. Mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam berdiskusi, sehingga suasana kelas menjadi hidup. Mereka dapat menghormati perintah guru, menghargai pendapat dari teman sekelas, dan saling membantu dalam diskusi. Ketiga, pada langkah-langkah Teknik Klarifikasi Nilai (VCT) level 3, siswa mampu bekerja sama dengan aktif dalam kelompok, mendorong orang lain untuk bekerja sama mencapai tujuan yang ditetapkan.

Keywords


Model Value Clarification Technique (VCT), Pembelajran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran

Full Text:

PDF

References


Fitriani, V., & Sundawa, D. (2016). PENERAPAN MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION Technique) Dengan Menggunakan Media Cerita Daerah Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 41. Https://Doi.Org/10.17509/Jpis.V25i1.3669

Haris, F., & Gunansyah, G. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Menghargai Jasa Pahlawan Pada Siswa Sekolah Dasar. 01.

Juliardi, B. (T.T.). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.

Kusumawati, Y. (2019). Analisis Pembelajaran Pkn Sd/Mi Dalam Pendekatan Saintifik. El-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 45–58. Https://Doi.Org/10.52266/El-Muhbib.V3i1.376

Nugrahani. (T.T.). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Nurdyansyah. (T.T.). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.

Rodiyana, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V5i1.1140

Sakdiah, H., & Reinita, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Value Clarification Technique (Vct) Metode Percontohan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 79. Https://Doi.Org/10.24036/Bmp.V8i2.104818 Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan. (T.T.).

Universitas Muhammadiyah Makassar, & Azis, A. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Pada Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 37–47. Https://Doi.Org/10.24269/Jpk.V3.N2.2018.Pp37-47


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ferra Novita Sari, Nuswantari Nuswantari, Yuni Harmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.