PENGEMBANGAN MEDIA PAGSARA (PAPAN MAGNETIK AKSARA ) MELALUI MODELLING THE WAY MATERI BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dyah Ayu Kusumaningrum, Cerianing Putri Pratiwi, Candra Dewi

Abstract


Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tidak ternilai harganya. Bentuk dari Aksara Jawa dan seni pembuatannya-pun menjadi suatu peninggalan yang patut dilestarikan (Ramandani & Huda, 2020). Aksara jawa sangatlah penting untuk dipelajari karena Aksara Jawa merupakan salah satu warisan budaya yang berharga dari masyarakat Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan mata pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar dan (2) Untuk mengetahui perkembangan media PAGSARA (PAPAN MAGNETIK AKSARA) Melalui modelling the way pada materi bahasa jawa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) model Borg & Gall  yang dilaksanakan di SDN Guyung 2. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Simpulan dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Guyung 2 membutuhkan media aksara Jawa yang dapat mempermudah pemahaman aksara Jawa. Dari kebutuhan siswa dan guru di desa Guyung menghasilkan produk media PAGSARA yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap aksara Jawa. Media PAGSARA terbuat dari bahan logam magnet yg dilapisi lapisan berwana putih sehingga magnet lain bisa menempel pada papan tersebut. Untuk Perkembangan media PAGSARA media diujicobakan pada siswa kelas IV SDN Guyung 2 menggunakan uji coba lapangan dengan modelling the way. Hasil Validasi oleh ahli media mendapatkan presentase 94,28% , penilaian ahli materi mendapatkan persentase 95,38%, penilaian praktisi guru mendapatkan persentase 97,77%, Untuk perkembangan media PAGSARA dengan penggunaam metode modeling the way peneliti melakukan test angket respon siswa. Hasil prosentase keseluruhan sebesar 95,55% dengan kriteria sangat baik. Sehingga bisa disimpulkan bahwa media PAGSARA dapat berkembang, berkualitas baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas IV SDN Guyung 2.

Keywords


Aksara Jawa, Media Pembelajaran, PAGSARA (Papan Magnetik Aksara), Modelling the way.

Full Text:

PDF

References


Ngaglik, M., Greade, F., In, S., Minomartani, S. D. N., & Sleman, N. (n.d.). Pengembangan Media Papan Magnet Sumberdaya Alam Diy Mata. 3–10.

Nurhayati, Kusdiana, A., & Respati, R. (2019). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Media Papan Magnet. All Rights Reserved, 6(1), 68–76. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Putra, R. M., Setyowati, R., & Utama, E. G. (2022). Pengaruh penggunaan metode modelling the way terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN 88 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(3), 103–107. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/3752

Napitulupu, E. (2012). Pemanfaatan Papan Magnetik pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 12-17.

Peraturan Gubernur Jawa Timur No: 19 Tahun 2014. Mata Pelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal Wajib disekolah/Madrasah.

Ramadani, & Huda. (2020). Game Edukasi Aksara Jawa Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Explore IT! : Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Informatika, 12(2), 87–92. https://doi.org/10.35891/explorit.v12i2.2281

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2013th ed.). Bandung: Alfabeta.1-344

Fakhruddin. (2019). Pengembangan Desain Informasi Dan Pembelajaran Aksara Jawa Melalui Media Website. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. Vol.05 No.01. 1-23

Indramini, I. (2016). Efektivitas Penerapan Strategi Modelling the Way Dalam Pembelajaran Membaca Puisi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. 01(01), 40–47. www.journal.unismuh.ac.id/perspektif

Anshori, F. Al, & Sukmawati, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal PELITA, 1(1), 28–36. https://pusdig.my.id/pelita/article/view/41


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dyah Ayu Kusumaningrum, Cerianing Putri Pratiwi, Candra Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.