Peningkatan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas III Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Di SDN Tambakrejo Kabupaten Magetan

Diah Intansari, Dewi Tryanasari, Sri Kartini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas III pada tema Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif. Penelitian dilaksanakan di SDN Tambakrejo Kabupaten Magetan pada semester Genap Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian yang dipilih pada siswa kelas III dengan jumlah 13 siswa. Pada setiap siklusnya memiliki tahapan seperti melakukan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) melalui penerapan media pembelajaran multimedia interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran; (2) dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif prestasi belajar siswa meningkat pada Tema Perkembangan Teknologi. Hasil tes peningkatan hasil belajar tematik yang diperoleh berupa nilai rata-rata sebelum dilakukan tindakan adalah 65, pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 76 dan pada siklus II menjadi 86, demikian juga dengan jumlah siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan.

Keywords


Hasil Belajar, Tematik, Media Pembelajaran Mutimedia Interaktif

Full Text:

PDF

References


Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126.

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusmimanto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2020). The Conceptual and Hypothetical Model of Interactive Blended Problem Based Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 285.

Erlina & Murti KA., I. (2013). Membuat Media Mengajar Visual. Jakarta: Erlangga.

Fuad, A. Jauhar., & Permatasari. (2019). Pemanfaatan Media Slide Powerpoint Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Journal of Islamic Elementary Education.

Fuad, A. Jauhar., & Winarsih, M., (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Metode Bermain Peran Pada Tema Kegiatan Jual Beli. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1.

Gandasari, A., Purwatih, Y. E., Ege, B., & Subekti, M. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(1).

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192.

Laksana, D. P. A., dkk. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi.

Maliasih, Hartono, & Nurani P. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan UNNES, 3 (2), diakses online pada 20 Mei 2023 https://journal.unnes.ac.id/nju/in dex.php/jpk

Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17–29.

Rohmanurmeta, F. M. R. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Quantum Teaching Bagi Siswa Kelas IV. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diah Intansari, Dewi Tryanasari, Sri Kartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.