EFEKTIFITAS PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA KAMPUS MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI MADIUN: STUDI KASUS PADA UMKM CHANTIKA CATERING

Dhieta Indah Permata, Dwi Nila Andriani

Abstract


Permendikbud No. 3 Tahun 2020 mengemukakan jika Kegiatan Wirausaha merupakan salah satu Program  dari Kebijakan pemerintah yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang saat ini sedang gencar di promosikan oleh Kemendikbud. Tujuan dari Program Wirausaha Merdeka 2023  adalah memberikan manfaat bagi mahasiswa serta perguruan tinggi. Berikut manfaat dari mengikut programi Wirausaha Merdeka 2023: 1. Meningkatkan  minat serta semangat mahasiswa dalam berwirausaha 2. Menanamkan pemikiran mengenai wirausaha juga kompetensi dasar di bidang kewirausahaan 3. Membantu peningkatan pengalaman wirausaha yang dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus, yang  meneliti dari beberapa mahasiswa prodi pendidikan Ekonomi yang sudah mengikuti program WMK, malakukan tes, wawancara, dan juga observasi. Learning by doing dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman akan pentingnya wirausaha untuk para mahasiswa yang telah melakukan tindakan langsung wirausaha serta membuat produk. Pelatihan merupakan kegiatan langsung melakukan usaha dari awal pembuatan rencana produk, produksi, packaging dan pemasaran. Pemberdayaan dilakukan untuk menggali potensi dan penguatan secara langsung melakukan usaha. Waktu pengabdian akan dilakukan selama dua pekan (12 hari) hari kerja, kegiatan ini meliputi: (a) perencanaan/perancangan usaha, (b) pemilihan produk, (c) pelaksanaan produksi, (d) packaging, (e) pemasaran/penjualan produk, (f) dan monitoring hasil penjualan. Luaran dari kegiatan program magang ini berupa: hasil produk yang mampu dipasarkan pada konsumen saat bazar. Dari penellitian yang sudah di lakukan ternyata program WMK mampu mendirong minat dan kemampuan berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun.


Keywords


Wirausaha, UMKM, WMK

Full Text:

PDF

References


Adcharina. Pratiwi, Suranto, Nurgiyatna, Musabbikha, Aan Sofyan. 2022. Pendampingan Pelatihan Aplikasi Media Sosial Di Masa new normal pandemi Covid 19 Pada Batik Av Production. Jurnal TTG Universitas Sahid Surakarta.

Badan Pusat Statistika. 2021. Data Pengangguran di Indonesia. Jakarta.

Suranto, Nurgiyatna, Etika.M.,2021. Peningkatan Tata Kelola Usaha Batik di Sentra Industri Batik Pilang Masaran Sragen. Laporan HIT. Pengabdian Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Suranto, S., Sulistyanto, A., & Marimin, A. (2022). PROGRAM MAGANG WIRAUSAHA MERDEKA MENINGKATKAN MENTAL BERDAYA WIRAUSAHA MAHASISWA. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(2), 530-535.

Widjatmaka, T., & Praptiwi, R. N. (2022). PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM): STUDI KASUS DI JURUSAN TEKNIK MESIN POLITEKNIK NEGERI JAKARTA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 509-519.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dhieta Indah Permata, Dwi Nila Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.