Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Kegiatan GLS Terhadap Minat Membaca Siswa Di SDN BUNGKUK

Aprilia Tama Fidiawati, Nur Ratih Agustina, Dwi Nila Andriani, Wikanso Wikanso

Abstract


Berdasarkan data yang diperoleh, saat ini Indonesia berada pada kondisi kritis literasi dalam hal minat membaca. Kurniawan (2016:321) menjelaskan bahwa dari hasil penelitian UNESCO, indeks baca nasional pada tahun 2013, angka membaca seluruh Indonesia masih kurang yaitu 0,01 yang artinya 100 orang hanya ada 1 yang gemar membaca. Hasil penelitian melalui PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2012 Indonesia berada pada urutan ke 64 dari 65 negara. Berpijak dari permasalahan yang muncul di Indonesia tersebut, maka peneliti  melakukan penelitian SD Negeri Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berupa deskripsi atau uraian. Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi yang alamiah, langsung ke sumber data dan peneliti adalah instrumen kunci (Sugiyono, 2014:1). Sumber data kualitatif dalam penelitian ini yaitu data yang berupa fakta-fakta yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN BUNGKUK berdasarkan program-program yang telah dirancang oleh tim Kampus Mengajar dan pihak sekolah, yaitu program rutin dan program penunjang. Program rutin yang dilaksanakan dalam rangka implementasi GLS antara lain: (1) Kegiatan pembiasaan kelas (Membaca 15 Menit setiap pagi), (2) Bercerita didepan kelas, (3) Pengelolaan Mading. Dalam pelaksanaannya program GLS yang diterapkan pada peserta didik di SDN BUNGKUK berjalan cukup baik dan lancar meskipun terdapat beberapa kendala yang dialami oleh tim dan guru.


Keywords


Pendidikan, Literasi, Sekolah, GLS

Full Text:

PDF

References


Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10-19.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429-1437.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.

Hartyatni, M. S. (2018). Membangun budaya baca melalui pengelolaan media sudut baca kelas dengan “12345”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 1-11.

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).

Murtafiah, W., Anggreni, R. D., Masfingatin, T., Lukitasari, M., Lestari, N. D. S., & Kholid, M. N. (2022, July). Profile of student problem-solving ability based on ethnomathematics of Ngawi culture on geometry topics. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2479, No. 1). AIP Publishing.

Pristiwanti, D., Badariah, B., & Nulhakim, L. (2022). Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Sd. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10621-10625.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10-19.

Sulhan, M. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena, 9(2), 261-273.

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi program budaya membaca di sekolah dasar negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48-58.

Sunanih, S. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 38-46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aprilia Tama Fidiawati, Nur Ratih Agustina, Dwi Nila Andriani, Wikanso Wikanso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.