Peningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Quiziz Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SDN Katikan 2

Agutin Wulandari, Davi Apriandi, Eko Pristiwat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa melalui Aplikasi Quiziz, prosedur pembelajaran berbasis masalah, membantu pembelajaran berbasis masalah. Bentuk penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Penelitian Tindakan Pendidikan. Subyek penelitian ini adalah tujuh siswa kelas IV SDN Katikan 2. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Kuesioner, penilaian 20 poin, pencatatan, dan observasi adalah semua metode untuk mengumpulkan data. Model Kurt Lewin adalah strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas. Pendekatan ini meliputi tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (doing), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Menurut penelitian, dengan menggunakan paradigma pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada skor pra siklus, siklus I, dimana dua siswa tuntas dan lima siswa tidak tuntas. Rata-rata nilai siswa pra siklus 50, rata-rata nilai siswa siklus I 60, dan rata-rata nilai siswa siklus II 82. Selanjutnya pada siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 29%, sedangkan pada siklus II , persentase kelengkapan melonjak menjadi 86%. Minat belajar siswa pada siklus I sebanyak 6 siswa dengan persentase 86%, 1 siswa dengan persentase 14%, dan kategori rata-rata minat belajar masih rendah. Minat belajar siswa kategori sedang sebanyak 2 siswa 28%, kategori tinggi sebanyak 4 siswa 68%, dan kategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa 14% kategori minat belajar rata-rata tinggi. Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Quiziz pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SDN Katikan 2 dapat dilihat telah meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.


Keywords


Peningkatan; Berbasis Masalah; Quiziz

Full Text:

PDF

References


Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 225–234. https://doi.org/10.17977/UM020V16I12022P225-234

Darmaningrat, Eko Wahyu. 2018. Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning Quizizz Untuk Pembelajaran Pengayaan di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Sesindo : Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 26–31. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/82Sobron

A.N,Bayu, Rani, Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Volume 1

Roriarti, Fitri & Anisa Yunita. 2017. TIK Untuk AUD: Penggunaan Platform “Quizizz!†Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak. Pendagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.3 No.b.

Salamah, D., & Maryono, M. 2022. Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461-470.

Suo Yan Mei. 2018. Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. Journal of Social Science Education and Research, 208-212.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. 2022. Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Sobron A.N, Bayu, Rani, Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Volume 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agutin Wulandari, Davi Apriandi, Eko Pristiwat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.