Analisis Perilaku Mental Block Siswa Di SMKN 2 Kota Madiun

‘Ainul Istiqomah, Dahlia Novarianing Asri, Noviyanti Kartika Dewi

Abstract


Mental block atau yang sering disebut dengan hambatan mental merupakan penghambat komunikasi bawah sadar dengan pikiran sadar. Mental block menghilangkan segala upaya, sehingga mental block inilah penyebab utama rendahnya pencapaian hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan faktor penyebab mental block siswa serta mengetahui pola perilaku mental block berdasarkan faktor penyebab yang ditemukan. Diketahui bahwa perilaku mental block menyebabkan terjadinya kesulitan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa (R, L, K, Z, A). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara untuk memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang mendorong siswa mengalami hambatan mental, observasi untuk memperoleh informasi lain yang mendukung data yang terkumpul dan dokumentasi untuk memperoleh informasi identitas subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik wawancara digunakan sebagai teknik analisis data yang menunjukkan bahwa faktor penyebab perilaku mental block adalah masalah yang disebabkan oleh faktor diri sendiri, keluarga, dan sekolah. berupa perilaku mental block yaitu perasaan rendah diri, kurang percaya diri, kurang motivasi, kebiasaan menunda-nunda dan keraguan terhadap kemungkinan diri sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku mental blocking dapat mempengaruhi daya tahan fisik subjek di kemudian hari, karena menyebabkan penurunan aktivitas dan menghambat keberhasilannya.


Keywords


Mental Block

Full Text:

PDF

References


Ananda, L. R., & Kristiana, I. F. (2017). Studi Kasus: Kematangan Sosial Pada Siswa Homeschooling. Jurnal Empati, 6(1), 257–263.

Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono, M. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–51. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.24809

Laksmi, K. L., Antari, N. N. M., & Dantes, N. (2014). Penerapan Konseling Rasional Emotif Dengan Teknik Refreaming Untuk Meminimalisir Learned Helplessness Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Online Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11.

Noviyanti, K. D. (2016). Mengatasi Mental Block Pada Remaja Melalui Cognitive Therapy (Ct). Prosiding Seminar Nasional Konseling Krisis, 77–85. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3905%0A

Nurul Hikmah, et. al. (2021). Qur’anic Modeling Tuk Raih Stimulan Langit Lepaskan Mental Block (Fathimah Leboe (ed.)).

Saputri, I. A. (2016). Konseling Krisis Dalam Menangani Mental Block Pada Korban Penyalahgunaan Napza Di Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta. Skripsi Thesis, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. In Revista CENIC. Ciencias Biológicas (Vol. 152, Nomor 3). file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. 979-8433-10–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ‘Ainul Istiqomah, Dahlia Novarianing Asri, Noviyanti Kartika Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.