Pemanfaatan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ipas Guna Meningkatkan Hasil Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Nurul Saadah, Robandi, Babang, Rosmiati, Ika, & Maulana, Yusuf. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu , 6(5), 9180–9187. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Anita Dian Sukardi , Herawati Susilo, Siti Zubaidah. (2015). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 92–99.
Bonifatius Sigit Yuniharto, & Ana Fitrotun Nisa. (2022). Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS dan Kreativitas pada Muatan Pelajaran IPA Siswa SD Negeri Sariharjo. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 115–122. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i3.477
Budiwati, Rini, Budiarti, Ani, Muckromin, Ali, Hidayati, Yulia Maftuhah, & Desstya, Anatri. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Citra, Roisa Hikmawati. (2013). Penerapan Strategi Mind Map Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa. JPGSD Volume, 1(2).
Dewi, Ni Putu Candra Prastya, Suastra, I. Wayan, & Arnyana, Ida Bagus Putu. (2021). Perspektif Guru Sekolah Dasar Terkait Penggunaan Mind Mapping dalam Menyeimbangkan Otak Kanan dan Otak Kiri Siswa. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 62–71.
Eliyanti, Eliyanti, Taufina, Taufina, & Hakim, Ramalis. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439
Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Septiansari, Dela, & Handayani, Trisni. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Teknologi, 5(1), 53–65. Retrieved from http://journal.lembagakita.org
Setiya Ningrum, Arilda, Lestari, Nur, & Kusmiyati, Kusmiyati. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Ipa Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Tipe Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 19 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 37–44. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.467
Triana, Resta, Asrin, Asrin, & Oktaviyanti, Itsna. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ryzca Siti Qomariyah, Putri Fatimattus Az Zahra, Ika Putri Fadila, Adenita Faradilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.