Pemanfaatan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ipas Guna Meningkatkan Hasil Belajar

Ryzca Siti Qomariyah, Putri Fatimattus Az Zahra, Ika Putri Fadila, Adenita Faradilla

Abstract


Mengajar dan belajar adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran pendidik memegang kendali penuh dan berperan penting. Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung pada kreativitas Pendidik dalam pengelolaan pembelajaran. Kinerja buruk siswa kelas lima di SD Al Amin dalam sains mengilhami penelitian ini. Hal ini disebabkan karena Pendidik hanya memanfaatkan metode pembelajaran berbasis ceramah dan tanya jawab saja. Sedangkan pembelajaran IPAS ini sangat membutuhkan keterampilan pengelolaan materi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis serta kreatif dari peserta didiknya. Untuk itu, karena kendala tersebut maka digunakan strategi pembelajaran mind mapping. Teknik PTK (Penelitian Tindakan Kelas) digunakan untuk melakukan penelitian ini. dengan analisis datanya menggunakan metode kualitatif. Pengaplikasian metode Mind Mapping Ini berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik.

Keywords


Hasil belajar; IPAS; Keaktifan; Metode; Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Agustina, Nurul Saadah, Robandi, Babang, Rosmiati, Ika, & Maulana, Yusuf. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu , 6(5), 9180–9187. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Anita Dian Sukardi , Herawati Susilo, Siti Zubaidah. (2015). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 92–99.

Bonifatius Sigit Yuniharto, & Ana Fitrotun Nisa. (2022). Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS dan Kreativitas pada Muatan Pelajaran IPA Siswa SD Negeri Sariharjo. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 115–122. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i3.477

Budiwati, Rini, Budiarti, Ani, Muckromin, Ali, Hidayati, Yulia Maftuhah, & Desstya, Anatri. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Citra, Roisa Hikmawati. (2013). Penerapan Strategi Mind Map Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa. JPGSD Volume, 1(2).

Dewi, Ni Putu Candra Prastya, Suastra, I. Wayan, & Arnyana, Ida Bagus Putu. (2021). Perspektif Guru Sekolah Dasar Terkait Penggunaan Mind Mapping dalam Menyeimbangkan Otak Kanan dan Otak Kiri Siswa. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 62–71.

Eliyanti, Eliyanti, Taufina, Taufina, & Hakim, Ramalis. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Septiansari, Dela, & Handayani, Trisni. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Teknologi, 5(1), 53–65. Retrieved from http://journal.lembagakita.org

Setiya Ningrum, Arilda, Lestari, Nur, & Kusmiyati, Kusmiyati. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Ipa Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Tipe Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 19 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 37–44. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.467

Triana, Resta, Asrin, Asrin, & Oktaviyanti, Itsna. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ryzca Siti Qomariyah, Putri Fatimattus Az Zahra, Ika Putri Fadila, Adenita Faradilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.