Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Video Tutorial Berbarcode untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengkaji efektivitas media pembelajaran scrapbook berbasis video tutorial berbarcode untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 01 Taman Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan untuk menulis artikel ini berjenis Research and Developoment (R&D) berjenis ADDIE. Tahapan pengembangan ini terdiri dari lima tahapan yang terdiri dari: 1) Analysis. 2). Design. 3) Development. 4). Implementation. 5). Evaluation. Validasi dilakukan oleh para ahli untuk menemui kriteria produk yang dilakukan oleh para ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis video tutorial dari penilaian tim ahli memperoleh hasil tingkat kelayakan aspek format sebesar 80%, aspek rekayasa media sebesar 86%, aspek video petunjuk sebesar 83%. Adapun respon peserta didik yang telah dilakukan melalui uji coba terbatas memperoleh hasil presentase sebesar 96% dengan kategori sangat positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Telah dihasilkan media pembelajaran scrapbook menulis tegak bersambung berbasis video tutorial berbarcode. 2) Hasil uji coba terbatas pada peserta didik menunjukkan respon sangat positif dengan total presentas sebesar 96 %, hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran scrapbook berbasis video tutorial berbarcode layak serta efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX
Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. (2018). The instruments of higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012053
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723
Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrappbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indoensia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804
Fallahi, C. R. (2012). Improving the writing skills of college students. In Writing: A Mosaic of New Perspectives (pp. 209–220). https://doi.org/10.4324/9780203808481
Gede, I., Suwela Antara, W., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559
Ketut, N., Muliastrini, E., Stkip, D., & Amlapura, A. H. (n.d.). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jayapanguspress.Penerbit.Org. Retrieved April 8, 2023, from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/354
OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. OECD.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. In Kencana. Prenadamedia Group. https://books.google.com/books/about/Desain_dan_Pengembangan_Program_Pelatiha.html?hl=id&id=m_pDDwAAQBAJ
Purwanto. (2020). Penggunaan QR Barcode dalam Pembelajaran Daring. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(2).
Reeves, T. C., Mckenney, S., & Herrington, J. (2010). Publishing and perishing: The critical importance of educational design research. ASCILITE 2010 - The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, 27(1), 787–794. https://ajet.org.au/index.php/ajet/article/view/982
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Santoso, S. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 65–74. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7704
Schunk, D. (2012). Learning Theories an Educational Perspective. Pearsons Education.
Siahaan, M., & Chandra, R. V. (2023). Analisis dan Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Tanaman Jamur Edible Menggunakan Framework ADDIE. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 6(1), 151–157.
Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. In ejournal.iainkendari.ac.id. http://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/292/282
Veronica, I., Whyu Pusari, R., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrappbook pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 258. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222
Wibiantoro, R. (2021). Perancangan Media Inovasi Berbasis Kearifan Budaya Lokal di SD. CV Srikandi Kreatif Nusantara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Masita Ayu Lestari, Merliana Tri Ramadanny, Okvita Wulandari, Mar’atus Kusnul Khoiriyah, Novita Sari, Muh. Shulthon Rachmandhani
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.