Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Video Tutorial Berbarcode untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Sekolah Dasar

Masita Ayu Lestari, Merliana Tri Ramadanny, Okvita Wulandari, Mar’atus Kusnul Khoiriyah, Novita Sari, Muh. Shulthon Rachmandhani

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengkaji efektivitas media pembelajaran scrapbook berbasis video tutorial berbarcode untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 01 Taman Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan untuk menulis artikel ini berjenis Research and Developoment (R&D) berjenis ADDIE. Tahapan pengembangan ini terdiri dari lima tahapan yang terdiri dari: 1) Analysis. 2). Design. 3) Development. 4). Implementation. 5). Evaluation. Validasi dilakukan oleh para ahli untuk menemui kriteria produk yang dilakukan oleh para ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis video tutorial dari penilaian tim ahli memperoleh hasil tingkat kelayakan aspek format sebesar 80%, aspek rekayasa media sebesar 86%, aspek video petunjuk sebesar 83%. Adapun respon peserta didik yang telah dilakukan melalui uji coba terbatas memperoleh hasil presentase sebesar 96% dengan kategori sangat positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Telah dihasilkan media pembelajaran scrapbook menulis tegak bersambung berbasis video tutorial berbarcode. 2) Hasil uji coba terbatas pada peserta didik menunjukkan respon sangat positif dengan total presentas sebesar 96 %, hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran scrapbook berbasis video tutorial berbarcode layak serta efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.


Keywords


Keterampilan Menulis; Media Pembelajaran; Scrapbook; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX

Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. (2018). The instruments of higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012053

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrappbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indoensia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804

Fallahi, C. R. (2012). Improving the writing skills of college students. In Writing: A Mosaic of New Perspectives (pp. 209–220). https://doi.org/10.4324/9780203808481

Gede, I., Suwela Antara, W., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559

Ketut, N., Muliastrini, E., Stkip, D., & Amlapura, A. H. (n.d.). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jayapanguspress.Penerbit.Org. Retrieved April 8, 2023, from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/354

OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. OECD.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. In Kencana. Prenadamedia Group. https://books.google.com/books/about/Desain_dan_Pengembangan_Program_Pelatiha.html?hl=id&id=m_pDDwAAQBAJ

Purwanto. (2020). Penggunaan QR Barcode dalam Pembelajaran Daring. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(2).

Reeves, T. C., Mckenney, S., & Herrington, J. (2010). Publishing and perishing: The critical importance of educational design research. ASCILITE 2010 - The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, 27(1), 787–794. https://ajet.org.au/index.php/ajet/article/view/982

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Santoso, S. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 65–74. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7704

Schunk, D. (2012). Learning Theories an Educational Perspective. Pearsons Education.

Siahaan, M., & Chandra, R. V. (2023). Analisis dan Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Tanaman Jamur Edible Menggunakan Framework ADDIE. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 6(1), 151–157.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. In ejournal.iainkendari.ac.id. http://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/292/282

Veronica, I., Whyu Pusari, R., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrappbook pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 258. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222

Wibiantoro, R. (2021). Perancangan Media Inovasi Berbasis Kearifan Budaya Lokal di SD. CV Srikandi Kreatif Nusantara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Masita Ayu Lestari, Merliana Tri Ramadanny, Okvita Wulandari, Mar’atus Kusnul Khoiriyah, Novita Sari, Muh. Shulthon Rachmandhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.