Implementasi Modul Ajar Laporan Hasil Observasi Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia di Surakarta: Studi Kasus
Abstract
Penelitian ini berkontribusi dalam mendeskripsikan penerapan modul ajar materi laporan hasil observasi kurikulum merdeka mata pelajaran bahasa Indonesia di Surakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cara guru dalam menerapkan modul ajar yang dibuat pada kurikulum merdeka yang baru diterapkan. Data disajikan dan dianalisis menggunakan narasi deskriptif, studi kasus, analisis dokumen, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan pengimplementasian modul ajar pada materi laporan hasil observasi di sekolah yang merapkan kurikulum merdeka kategori mandiri berubah. Penggunaan modul ajar secara teori sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun, pada praktinya masih ada kegiatan pembelajaran yang melebihi batas waktu yang ditentukan. Hal tersebut mengakibatkan antara rencana dan praktik melebihi jam pembelajaran. Selain itu, modul ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi belum dilakukan secara optimal. Praktiknya guru masih menggunakan metode pembelajaran yang sama pada murid yang karakteristik gaya belajarnya berbeda-beda. Keterbatasan buku teks yang dimiliki cukup menjadi kendala dalam pelaksanaanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angga, dkk. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 5877–5889. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3149
Caswita, C. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menggunakan Zoom Meeting untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 211-230. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.564
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, Vol 6, No 2 (2022). DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Feriyanti. Y. G. (2020) Komunikasi Pendidikan Antara Guru Dan Murid Dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study Pada Siswa-Siswi SDN 20 Sungailiat Bangka). Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2, Nomor 1, 2020, pp 45-54 e-ISSN: 2714-9862 www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika Page 45 https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.716
Gustiawati, R., rief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 2 April 2020 Hal. 355- 360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hagashita, N., Martha, I. N., & Wisudariani, N. M. R. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Jurisprudensial Berbasis Wisata Lapangan Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Singaraja. e-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume : Vol: 3 No: 1 Tahun: 2015
Kemdikbud. (2022). Kenali 3 Opsi Ini Sebelum Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kenali-3-opsi-ini-sebelum-mendaftar-implementasi-kurikulum-merdeka-jalur-mandiri/
Kurniati, L. & Kusumawati, R. (2023). Analisis Kesiapan Guru SMP Di Demak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/5031
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, Vol. 5 No. 2 Agustus 2022 e-ISSN 2715-4777p-ISSN 2088-5733https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi130
Mauludiyah, H. (2022). Supervisi Klinis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Songgokerto 03 Kota Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH) Vol. 1, No. 3, Oktober 2022, hlm. 375-397 https://jurnal.widyahumaniora.org/e-ISSN: 2829-3681
Nurlina, L. & Israhayu, E. S. (2023). Lokakarya dan Pendampingan Sekolah dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12), 1711–1719. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/2012
Oktasari, E. & Suryadi, E. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Teks Hasil Observasi. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 01–10. Retrieved from https://ejournal.univ-tridinanti.ac.id/index.php/Didactique/article/view/43
Patilima, S. (2021). Sekolah Penggerak sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Gorontalo, 25 November 2021 ISBN 978-623-98648-2-8 | 228
Pujawardani, H. H., A. Suganda, A., & Warta, W. (2023). Analisis Manajemen Pembelajaran Untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Bina Taruna Bojongsoang Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol. 9 No. 1 Januari 2023 515 – 530. DOI: 10.58258/jime.v9i1.4657/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 4 Tahun 2022 Halaman 6313 – 6319. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Rahayu, S. ., Rossari, D. V. ., Wangsanata, S. A. ., Saputri, N. E. ., & Saputri, N. D. . (2021). Hambatan Guru Sekolah Dasar Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajeman Waktu Dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5759–5768. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1869
Rohmah, L. U., Jubei, S. & Ikhwati, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Harjamukti Depok. Alegori Vol 1, No 1 (2021) https://doi.org/10.30998/.v1i1.3833
S, J., Faizah, H., & Auzar, A. (2023). Pembelajaran Menulis Laporan Hasil Observasi Lingkungan dengan Model 4ME. Journal on Education, 5(2), 2061-2070. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.850
Setiawan, R. Syahria, N., Andanty, F.D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara. Vol. 2 No. 2 40 – 50. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Solikhah, A., Waluyo, H. J., & Rohmadi, M. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Kelas X di SMA Negeri 1, 2, dan 1 Bae Kudus). Magistra Vol 29 No. 102
Syofyan, H., Susanto, R., Ulum, M.B., & Putra, S.D. (2023). Pelatihan Komite Pembelajaran dalam Menunjang Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Wilayah Jakarta Barat. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 24–31. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.56419
Susanti, H., Fadriati, F., & B.S, I. A. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54-65. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766
Sutiandari, I., Rohman, S., & Iskandar, I. (2023). Penggunaan Kajian Gastronomi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Observasi di SMK Kompetensi Keahlian Tata Boga. Jurnal Paedagogy, 10(1), 134-147. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6087
Widayati, S. (2019). Peranan Guru dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.101
Widiastuti, Y. Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Anekdot Untuk Siswa SMA. Jurnal Semantik, Vol 12, No 1 (2023). https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p61-74
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Colin Widi Widawati, Raheni Suhita, Muhammad Rohmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.