STEAM dalam Pendidikan: Respon Guru dan penerapkannya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Muhammad Yunus

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan STEAM dalam pendidikan yang dilihat dari respon guru dan bagaimana guru tersebut memahami serta mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran. Pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi diterapkan dalam penelitian ini. Komunitas guru yang ditargetkan dari alumni pendidikan Progam Profesi Guru (PPG) di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah pergurua tinggi swasta di Malang dari 3 angkatan sejumlah 98 guru, hanya 2 guru yang merespon pernah menerapkan pembelajaran STEAM. Dua guru ini kemudian dihubungi untuk menjadi responden. Berdasarkan hasil interviu yang dilakukan didapat bahwa pengalaman menjadi guru diatas 15 tahun telah memahami pembelajaran STEAM dengan baik. Hal ini tampak dari pemahamannya bahwa pembelajaran STEAM sebagai salah satu pembelajaran inovatif mampu mengantarkan siswa berfikir kritis, komunikatif sesuai dengan kebutuhan keterampilan abad 21. Serta pernyataan tentang active learning yang mampu lahir dari pembelajaran STEAM ini.


Keywords


STEAM, Bahasa Inggris, Inovatif

Full Text:

PDF

References


Asmuniv. (2015). Pendekatan Terpadu Pendidikan STEAM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner dalam Menyosong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (Online),(http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/ index.php/baru/45-listrik-elektronika/1507-asv9), diakses 4 Juni 2022.

Juniaty, W., Siti, Z., & Supriyono, K.H. (2016). STEAM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Prosiding. Pros Semnas Pend IPA Pascasarjana UM 1(1):976-984.

Muhtadi, A. (2019). Pembelajaran Inovatif. Modul PPG 2021. Purkurbuk.

Nasrah, Amir, R. H.M., & Purwanti, Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 6 (1). (PP). 1-13

Sahih, Alpaslan. (2015). A Practice-based Model of STEAM Teaching STEAM Students on the Stage (SOS)TM. Rotterdam: Sense Publishers.

Syukri, M., Halim, L., Subahan, D. T., & Meerah, M. (2013). Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science Thinking “ESciT”: Satu Perkongsian Pengalaman dari UKM Untuk Aceh.

Widodo, H. P. (2009). Methodological considerations in interview data transcription. International Journal of Innovation in English Language Teaching and Research, 3(1), 101-107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.