Efektivitas Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan media e-book interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa
Abstract
Pemahaman konsep pembelajaran merupakan salah satu tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran dapat tercapai jika dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menyeimbangkan antara penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan dalam kelas. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan Media E-book interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan pengambilan sampling menggunakan Teknik sample random sampling dan terdapat dua kelas sampel dimana kelas eksperimen menggunakan Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan Media E-book interaktif serta kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat uji normalitas menggunakan metode lilliefors dan uji homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan dengan sel tak sama Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan taraf signifikan α = 5% diperoleh hasil Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan Media E-book interaktif lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung dengan nilai Fobs = 1,3095 dan F α =0,0630
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Megawati, Sahara Suhandri dan Hayatun Nufus. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Eliciting Activities (MEAs) untuk memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama,Vol. 1, No. 1, (Juni 2018), hal 33-42, Juring (Journal For Research in Mathematics Learning), Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/download/5051/3146.
Chamberlin, S. A. dan Moon, S. M. 2005. “Model-Eliciting Activities as a Tool to Delevop and Identify Creatively Gifted Mathematicians”. Journal of Secondary Gifted Education, Vol. XVII, No.1, P.37,39,40,.Tersedia pada http://files.eric.ed.Gov/fulltext/EJ7 46044.pdf,. (diakses tanggal 4 Desember 2017).
Chamberlin, S. A. dan Moon, S. M. 2008. “How Does The Problem Based Learning Approach Compare to The Model-Eliciting Activity in Mathematics?”. Tersedia pada http://cimt.plymouth.ac.uk (diakses pada tanggal 4 Desember 2017).
Nusantari, L. P. T. L. 2015. Pengaruh Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.
Sirait, E. D. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/ 234901-pengaruh-minat-belajar-terhadap-prestasi-c06f683c.pdf. (diakses pada tanggal 5 Desember 2017).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ika Hidayatul Masynuah, Vera Dewi Susanti, Edy Suprapto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.