Kemampuan penalaran kreatif matematis siswa dalam penyelesaian soal tipe PISA
Abstract
Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran kreatif matematis siswa dalampenyelesaiansoaltipe PISA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIISMP Negeri 2Geger yang berjumlah 1 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan data hasil metode tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siswa belum mampu memberikan penyelesaian yang bersifat orisinil, siswa masih menggunakan cara yang diajarkan guru, siswa mampu memberikan argumen yang logis berdasarkan langkah-langkah penyelesaian yang diberikan, siswa juga mampu memberikan berbagai penyelesaian masalah. Kesimpulannya siswa belum mampu bernalar secara kreatif, namun siswa mampu memberikan argumen yang lagis dan mampu memberikan berbagai penyelesaian masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830
Prihatiningsih, M., & Ratu, N. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.218
Risani, R. T., & Nuriyatin, S. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 13–20. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.170
Sasongko, D. F., & Siswono, T. Y. E. (2013). Kreativitas Siswa Dalam Pengajuan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field-Independent (FI) dan Field-Dependent (FD). Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Alifianing Kusuma Dewi, Titin Masfingatin, Restu Lusiana
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.