Pengembangan bahan ajar berbasis STEAM-C pada materi bangun ruang sisi datar

Elzra Melasevix, Ika Krisdiana, Davi Apriandi, Edy Suprapto

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan serta menghasilkan suatu perangkat pembelajaran bahan ajar yang terintegrasi STEAM-C siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Pengembangan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang berarti Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 10 Madiun pada bulan Mei 2022 dengan menggunakan subjek siswa kelas 8 SMPN 10 Madiun yang berjumlah 6 siswa untuk uji terbatas dan 19 siswa untuk uji lapangan. Hasil penilaian validator ahli materi bahan ajar masuk dalam kategori “cukup valid” yaitu sebesar 80,95 %. Sedangkan hasil kepraktisan dalam uji terbatas masuk dalam kategori “sangat praktis” yaitu sebesar 87,50%, adapun untuk uji lapangan masuk dalam kategori “sangat praktis” yaitu sebesar 93,86 %. Jadi pengembangan bahan ajar terintegrasi STEAM-C pada materi bangun ruang sisi datar dapat digunakan.


Keywords


Bahan Ajar, STEAM-C

Full Text:

PDF

References


Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12

Kumalasari, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Maharani Putri Kumalasani PGSD Universitas Muhammadiyah Malang Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) Bergerak Secara Dinamis Seiring dengan Perkembangan Zam. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 1–11.

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP / MTS Analysis of The Validity of the Development of Problem Based Handout on Environmental Content Chapters Class VII SMP / MTS. Proceeding Biology Education Conference, 14(2014), 581–584.

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Elzra Melasevix, Ika Krisdiana, Davi Apriandi, Edy Suprapto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.