Implementasi permainan monopoli untuk meningkatkan literasi keuangan anak pada SD Negeri Tawun 2 Kasreman

Riska Nurul Cahyani, Ade Nuria Finka Yuliana, Farida Styaningrum

Abstract


Latar beakang dari penelitian ini yaitu rendahnya pendidikan literasi keuangan pada murid sekolah dasar baik dirumah maupun sekolah sehingga siswa sekolah dasar belum mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi keuangan anak pada SD Negeri Tawun 2 Kasreman melalui permainan monopoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah penelitian kualitatif menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian . Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pola penelitian induktif yang meliputi reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian sebelum diberikan permainan monopoli menunjukkan dalam hal perencanaan dan pengelolaan keuangan secara keseluruhan siswa masih belum mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Setelah adanya implementasi permainan monopoli, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mengatur dan membuat perencanaan keuangan dengan cara membuat catatan pengeluaran selama satu minggu dan membandingkan dengan minggu sebelumnya. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yaitu media monopoli meningkatkan literasi keuangan siswa sehingga mampu mengelola keuangan pribadi.

Keywords


Literasi Keuangan, Permainan Monopoli, Mengelola Keuangan

Full Text:

PDF

References


Chrisyarani, D. D. (2017). Journal of Basic Education (JBPD) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD Vol. 1 No. July 2, 2017. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 26–36.

Kafabih, A. (2020). Liiterasi Finansial ada Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Straegi Pengembangan Financial Inclusion Di Indonesia.Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 1–16.

Latifiana. (2017). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) | - | Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 1–7. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10635

Mundir, A. (2018). Penerapan Pendidikan Financial Pada Anak Usia Sekolah. Journal AL-MUDARRIS, 1(2), 108. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i2.178

Pranoto, P., Fauzi, R. D., Kustini, E., Maduningtias, L., &Yuangga, K. D. (2020).Literasi Keuangan (Financial Literacy) untuk Siswa SMK Sasmita Jaya. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 119-122.

Susati, H. D., Arfamaini, R., dkk. (2017). Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadya Malang.

Wahyuni, S., Hindun, I., Setyaningrum, Y., & Masrudi, M. (2020). Implementasi PPK Berbasis Kelas Melalui Literasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 196–208. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.315

Wahyuni, N. (2017). Berapa UangSaku yang Wajar untuk Anak Zaman Sekarang?Dipetik May 10,2019, darihttps://www.liputan6.com/bisnis/read/2889969/berapa-uang-saku-yang-wajar-untuk-anakzaman-sekarang.

Wendy Ary, W., Tjondro Sugianto, H. A., & Hari Kristianto, A. (2021). Pendampingan Literasi Finansial Rumah Tangga Masyarakat Dusun Kawan Kabupaten Bengkayang. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 420–427. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1013

Zubaidah, N. (2019). Literasi Keuangan Harus Diajarkan Sejak Dini. Dipetik May 10, 2019,darihttps://economy.okezone.com/read/2019/02/21/320/2020972/literasi-keuangan-harus-diajarkansejak-dini


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riska Nurul Cahyani, Ade Nuria Finka Yuliana, Farida Styaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.