Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi suhu dan kalor berdasarkan teori polya

Endah Kusuma Dewi, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan perbandingan antara jawaban siswa dengan langkah teori polya dan jawaban siswa yang tidak menggunakan teori polya. Peneliti menunjuk 10 siswa kelas XI MIPA 4 MAN 2 Kota Madiun untuk dijadikan subjek penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes uraian sejumlah 5 soal yang telah divalidasi oleh 5 validator ahli. Hasil penelitian menunjukan siswa yang menggunakan langkah pemecahan masalah teori polya mendapatkan hasil yang lebih baik apabila dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan langkah pemecahan teori polya dalam menyelesaikan soal. Terlihat pada siswa yang menggunakan langkah teori polya mampu menyelesaikan 3 dari 5 soal yang diberikan yaitu soal nomor 1, nomor 4 dan nomor 5. Peserta didik mengalami kesalahan dalam menentukan strategi pemecahan masalah dikarenakan tidak sanggup menghafal semua persamaan yang ada pada materi fisika, kemudian kesulitan dalam menyelesaikan strategi penyelesaian masalah yang bersifat matematis seperti oprasi matematika perhitungan berakar dan penjumlahan pecahan sehingga perlu melakukan latihan-latihan soal, pemahaman yang lebih mendalam pada materi fisika dan perlu belajar lebih giat.


Keywords


Analisis, Penyelesaian soal, Teori Polya

Full Text:

PDF

References


Darsa, D. Y., Nasir, M. dan Rusydi (2020) “Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kalor Menggunakan Teori Polya di SMA Negeri 3 Banda Aceh Dinda,” Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 2019(2), hal. 5–10.

Fatahillah, A., Wati, Y. F. dan Susanto (2017) “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan,” Jurnal Kadikma, 8(1), hal. 40–51. Tersedia pada: http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229.

Ma’rifah, E., Parno dan Mufti, N. (2017) “IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR,” 1, hal. 134–144.

Maharani, F. W., Bektiarso, S. dan Prihandono, T. (2018) “Kemampuan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal UN Fisika Berdasarkan Tahapan Model IDEAL pada Materi Listrik Statis,” Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), hal. 154–161.

Polya, G. (1973) How to Solve It Mathematical Method.

Priyadi, R., Suryanti, K. dan Varela, L. (2019) “Profil Model Pemahaman Peserta Didik pada Topik Suhu dan Kalor: Studi Lintas Pendidikan,” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(1), hal. 51–56. doi: 10.26877/jp2f.v10i1.3461.

Purba, D. dan Lubis, R. (2021) “Pemikiran george polya tentang pemecahan masalah,” Mathematic Education Journal, 4(1), hal. 25–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Endah Kusuma Dewi, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.