Kecenderungan perilaku seksual pranikah di Desa Tajug Kabupaten Ponorogo

Anugrah Aziz Dwi Purnama, Dahlia Novarianing Asri, Diana Ariswanti Triningtyas

Abstract


Perilaku seksual pranikah merupakan bentuk perilaku seksual yang didorong oleh hasrat seksual dengan lawan jenisnya yang dilakukan tanpa adanya ikatan pernikahan secara resmi oleh siapapun khususnya para remaja. Desa Tajug Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu daerah yang ditemui adanya perilaku seksual pranikah remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dan bentuk-bentuk perilaku seksual pranikah remaja di Desa Tajug Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data serta verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab perilaku seksual adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini meliputi sering menonton hal-hal yang berbau pornografi dengan pasangan maupun menonton sendiri, untuk membuktikan rasa cinta dan kasih sayang, Sedangkan faktor eksternal yaitu karena pergaulan teman sebaya yang juga melakukan perbuatan perilaku seksual pranikah yang serupa. Adapun bentuk perilaku seksual pranikah yakni bergandengan tangan, kissing (berciuman pipi dan bibir), merangkul pasangan, berpelukan dan meraba bagian sensitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku seksual pranikah pada remaja cenderung mencoba karena rasa keingin-tahuannya, yang muncul akibat pengaruh pergaulan teman sebaya. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah diharapkan untuk dapat menggunakan tempat lain sebagai objek penelitian yang tentunya memiliki fenomena perilaku seksual pranikah remaja supaya tidak terjadi dan terulang kembali serta mendapatkan perhatian dan tanggapan dari pihak-pihak terkait untuk meminimalisir serta dapat dilakukan pencegahan.


Keywords


Perilaku Seksual, Pranikah, Remaja

Full Text:

PDF

References


Awaliyah, R., Muhibah, S., & Handoyo, A. W. (2021). Perilaku Seks Pranikah Pada Kalangan Remaja Di Kota Serang. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1). https://doi.org/10.32678/alshifa.v1i2

Gusti. (2017). Sekolah Cegah Remaja Melakukan Seks Pranikah. Universitas Gadjah Mada.

Hidayatullah. (2018). Januari 2018, Aksi Buang Bayi Hasil Seks Bebas Makin Menggila. Hidayatullah.Com.

Kasim, F. (2014). Dampak Perilaku Seks Berisiko terhadap Kesehatan Reproduksi dan Upaya Penanganannya (Studi tentang Perilaku Seks Berisiko pada Usia Muda di Aceh). JURNAL STUDI PEMUDA, 3(1).

Lazuardi. (2018). Tragis! 178 Bayi Dibuang ke Jalan Sepanjang 2017, Paling Banyak di Provinsi Ini Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tragis! 178 Bayi Dibuang ke Jalan Sepanjang 2017, Paling Banyak di Provinsi Ini, https://www.triTragis 178 bayi dibuang ke jalan sepanjang 2017 paling banyak di provinsi ini. Tribunnews.Com.

Nurlaely, Zuska, F., & Rifai, A. (2019). Perilaku Seks Pranikah pada Remaja Kota Juang Bireun. Serambi Saintia Jurnal Sains dan Aplikasi, 7(1).

Purnama, Y. (2020). Faktor Penyebab Seks Bebas Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Indonesia. 5(2).

Rahardi, D. S., & Indarjo, S. (2017). Perilaku Seks Bebas Pada Anggta Club Motor X Kota Semarang Tahun 2017. JHE, 2(2).

Saputri, Y. I., & Hidayani. (2016). Saputri & hidayani 2016. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 5(1).

Sari, T. R. (2014). Perilaku Seksual Remaja Siswa Smk Ketintang Surabaya Adolescent Sexual Behavior Students Smk Ketintang Surabaya. Jurnal BK, 4(3).

Sianturi, R. N., & Sidabutar, H. (2019). Perilaku Seksual Pranikah Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen. JIREH-Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity, 1(1).

Sofia, A., & Adiyanti, M.G. (2013). Hubungan Pola Asuh Otoritatif Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Moral. Jurnal FKIP Unila, 1.

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahanya. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1).

Qomariah, S. (2020). Pacar Berhubungan dengan Perilaku Seks Pranikah pada Remaja. Jurnal Kesmas Asclepius, 2(1), 44.

Wulandari, A. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1).

Pratama, D., & Sari, Y.P. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja. Jurnal Edukasimu, 1(3).

Samio. (2018). Aspek-aspek Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2).

Susanti, E. (2013). Presepsi Kelas XI SMK Negeri 4 Surabaya terhadap PerilakuSeks Bebas di Kalangan Pelajar Surabaya. Jurnal IPI, 1(3).

Taufik, A. (2013). Presepi Remaja Terhadap Perilaku Seks Pranikah (Studi Kasus SMK Negeri 5 Samarinda). Jurnal Sosiatri-Sosiologi, 1(1).

Harningrum, S.S. (2014). Perilaku seks pranikah dalam berpacaran. jurnal Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 3(2), 353

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta cv.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anugrah Aziz Dwi Purnama, Dahlia Novarianing Asri, Diana Ariswanti Triningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.