Analisis perilaku konsumsi mahasiswa Universitas PGRI Madiun

Rissa Kurniawati, Dwi Nila Andriani, Ana Dhaoud Daroin

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui 1) bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa Universitas PGRI Madiun. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa Universitas PGRI Madiun. 3) Dampak perilaku konsumsi mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi dengan jenis triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa 1) Perilaku konsumsi mahasiswa Universitas PGRI Madiun mempunyai tingkat konsumsi yang tinggi. 2) Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa Universitas PGRI Madiun disebabkan oleh lingkungan pergaulan dan adanya promo potongan harga pada sebuah ecommerce. 3) Dampak dari perilaku konsumsi mahasiswa Universitas PGRI Madiun yaitu, seringkali mengunjungi mall, coffeshop.

 


Keywords


Perilaku Konsumsi, Pembelian Berlebih, Gaya Hidup Hedonis

Full Text:

PDF

References


Affandi, I., & Sukresna, I. M. (2022). STUDI TENTANG PERSEPSI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PELANGGAN MUSLIM UNTUK BERALIH KE LAYANAN PREMIUM DI PLN UP3 KUDUS. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 987–994. https://doi.org/10.29040/JIEI.V8I1.4724

Aisyah, R. A. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Business and Finance Journal, 2(1). https://doi.org/10.33086/bfj.v2i1.464

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131. https://doi.org/10.22146/gamajop.44104

Hakim, F. N., & Saino. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa transportasi suroboyo bus. Forum Ekonomi, 23(2), 241–253. https://doi.org/10.29264/jfor.v23i2.7974

Hanum, N. (2017). Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Samudra di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2), 107.

Hartanto, P. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Kelompok Acuan Dan Uang Saku Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswi Dalam Menggunakan Jasa Salon Dikota Yogyakarta. 1–94. https://repository.usd.ac.id/6476/

Heliawan, Y. A., & Wisnu, A. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(2), 174. https://doi.org/10.29040/jap.v18i2.114

Mufidah, E. F., & Wulansari, P. S. D. (2018). Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Pascasarjana di Media Sosial. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(2), 33–36. https://doi.org/10.21067/jki.v3i2.2468

Murisal, M. (2012). PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PUTERI. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 2(2), 77. https://doi.org/10.15548/JK.V2I2.58

PUTRI, V. K. M. (2021). 4 Faktor Utama yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/30/110000669/4-faktor-utama-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen?page=all

Ramadhan, A. W., & Andjarwati, A. L. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Samsung Galaxy S7 (Studi Pada Pengunjung Plasa Marina Dan Wtc Surabaya). Jurnal Lmu Manajemen, 5(4). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/22128

Ridha, A., Daga, R., & Nitro Makassar, S. (2020). Analisis Motif Konsumen dalam Membeli Produk Virtual Pada Game Online di Kota Makassar. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 3(2), 52–63. https://ojs.nitromks.ac.id/index.php/JMPKN/article/view/28

Saputri, M. E. (2016). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ONLINE PRODUK FASHION PADA ZALORA INDONESIA. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 291–297. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.11

Sari, V. I. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Di Sanggar Puti Limo Jurai Kota Bukittinggi. Jurnal Umsb.Ac.Id/Ranah Pariwisata, I(1), 45–55. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ranahpariwisata/article/view/2631

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Sulistiana, S. D. (2013). Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja dan Modal Terhadap Hasil Produksi Industri Kecil Sepatu dan Sandal Di Desa Sambiroto Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi, 1(3), 1–18. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/4047

Tjia, H. S., Suharno, S., & Kadafi, M. A. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan distribusi terhadap keputusan pembelian. KINERJA, 14(2), 92. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i2.2484

Vanya Karunia Mulia Putri. (2022). Tahap Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/11/120000069/tahap-proses-keputusan-pembelian-konsumen

Widyawati, I. (2012). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI FINANSIAL MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 89. https://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527

Yulianti, Y., & Deliana, Y. (2018). Gaya Hidup Kaitannya dengan Keputusan Konsumen dalam Membeli Minuman Kopi. Jurnal AGRISEP, 17(1), 39–50. https://doi.org/10.31186/jagrisep.17.1.39-50


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rissa Kurniawati, Dwi Nila Andriani, Ana Dhaoud Daroin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.