Pengaruh Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Universitas PGRI Madiun
Abstract
Pembelian impulsif merupakan sebuah perilaku dimana seseorang tidak merencanakan terlebih dahulu dalam membelanjakan uangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pengelolaan keuangan keluarga terhadap pembelian impulsif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yang bersifat kuantitaif. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan istrumen yaitu kuesioner yang disebarkan kepada 325 mahasiswa dari program studi pendidikan ekonomi, pendidikan akuntansi, manajemen dan akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pengelolaan keuangan keluarga berpengaruh dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil thitung sebesar 6,881 dan ttabel sebesar 2,251 dengan nilai signifikasinya sebesar 0,00 yang berarti thitung > ttabel dan nilai signifikasinya < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(1), 34–42.
Anggriani, I., & Indasari, F. (2018). Analisis Perbedaan Pembelian Impulsif Ditinjau dari Gender Konsumen Pada Puncak Toserba Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.37676/EKOMBIS.V6I1.439
Aprilia, E. D., & Septila, R.-. (2018). Impulse Buying Pada Mahasiswa Di Banda Aceh. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 2(2), 170–183. https://doi.org/10.22373/PSIKOISLAMEDIA.V2I2.2449
Cahyani, P., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Teman Sebaya, dan Parental Income terhadap Perilaku Keuangan dengan Self-Control sebagai Moderasi. Jurnal Ecogen, 4(2), 224. https://doi.org/10.24036/JMPE.V4I2.11232
Effendi, S., & Tukiran. (2012). Metode Penelitian Survei (Jakarta).
Mokhamad Anwar, P. D. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan (Pertama). KENCANA.
Muslimatul, U. N., & Rahayu, S. A. (2019). Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Produk Fashion. Penelitian Psikologi, 10(2), 12.
Ompi, A. P., Sepang, J. L., & Wenas, R. S. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Pembelian Impulsif Produk Fashion Di Outlet Cardinal Mega Mall Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/EMBA.V6I4.21318
Rahmah, S., Jurnal, A., Keluarga, P., Pendidikan, D., Oleh, A., & Abstrak, S. R. (2017). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 4(7). https://doi.org/10.18592/AL-HIWAR.V4I6.1213
Rahmayanti, W., Sri Nuryani, H., & Salam, A. (2019). Pengaruh Sikap Keuangan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Literasi Keuangan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.267
Rozaini, N., & Ginting, B. A. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24114/NIAGA.V8I1.12795
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syuliswati, A. (2020). Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Gaya Hidup, Pembelajaran Serta Pengaruhnya Terhadap Literasi Keuangan. Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 27(1), 53–64. https://doi.org/10.35606/JABM.V27I1.553
Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2), 245–258. https://doi.org/10.22373/JID.V12I2.451
Wulandari, D. A., & Adiba, E. M. (2018). Perilaku Pengelolaan Keuangan Dan Impulsive Buying Wanita Muslim Surabaya. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 318–328. https://doi.org/10.31842/JURNAL-INOBIS.V1I3.39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Anggi Novitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.