PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO

Reni Kharismawati Putri, Nur Samsiyah, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SD menggunakan model Problem Based Learning dengan media video pada siswa kelas V SDN Krokeh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Krokeh yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket, lembar observasi, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Ada dua teknik analisis data yang digunakan, yaitu: a) kualitatif mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data; b) kuantitatif yaitu dimana dilakukan perhitungan untuk mengetahui persentase peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media video. Pada kegiatan awal pra siklus rata-rata persentase ketuntasannya sebesar 43%, kemudian pada siklus I sebesar 57%, dan pada siklus II sebesar 84%.


Keywords


Problem Based Learning, Media Video, Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education Polyglot, 14(1), 9–18.

Ezquerra, Á., Manso, J., Burgos, E., & Hallabrin, C. (2014). Creation Of Audiovisual Presentations As A Tool To Develop Key Competences In Secondary-School Students. A Case Study In Science Class. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 10(4), 155–170.

Fadilah, N. T., Supriyono, & Pangestika, R. R. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Abean Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 13–19.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 3(1), 121–127.

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41.

Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 149–156.

Nurjan, S. (2018). Pengembangan Berpikir Kreatif. Jurnal Basic Of Education, 3(1), 105–116.

Rusmalini. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 5.

Siswanto, J., & Mustofa, A. W. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Media Penelitian Pendidikan, 6(1), 3.

Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yulianingtias, H. P., Tiwow, V. M., & Diah, A. W. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 4(2), 62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Reni Kharismawati Putri, Nur Samsiyah, Endang Sri Maruti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.