Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin

Puspa Widya Ningrum, Nadila Dewi Purnama Sari, Cantik Wasitaningsih, Elly Astuti

Abstract


Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang atau pendapatan yang dimiliki untuk disimpan dengan tujuan untuk mengelola uang tersebut. Melihat kurangnya kesadaran perilaku hemat siswa SDIT Al Muttaqin, mahasiswa dari program Kampus Mengajar memiliki keinginan untuk memberikan pengarahan betapa pentingnya menabung dan memiliki gaya hidup hemat. Melakukan penguatan literasi keuangan dan melakukan sosialisasi terhadap siswa SDIT Al Muttaqin, yang merupakan salah satu program Merdeka Belajar dengan melibatkan mahasiswa untuk membantu sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan mengeluarkan inovasi. Penelitian dengan menggunakan metode kualitatif ini dilakukan di salah satu sekolah dasar swasta di Madiun melalui observasi dan pengamatan yang mendalam, sosialisasi dan pengajaran praktek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar dengan mengirimkan mahasiswa sebagai agen perubahan ke sekolah telah membantu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan metode kualitatif, dalam hal ini digunakan untuk mengukur sejauh mana kesadaran siswa tentang menabung, dan pengetahuan siswa dalam melakukan praktek yang merupakan hasil dari sosialisasi yang dilakukan untuk mengetahui apakah siswa dapat menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Literasi; Keuangan; Siswa; Menabung; Kampus Mengajar

Full Text:

PDF

References


Abdallah, M., & Lubis, I. (n.d.). ANALISIS MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH DI KALANGAN SISWA SMA DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS: SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI). http://www.starberita.com

Alifah, S., Pamungkas, A. D., & Lengsi, M. (2020). PENGENALAN LITERASI KEUANGAN PADA YAYASAN TAHFIDZUL QUR’AN AR-RAHMANI. Communnity Development Journal, 1(2), 64–69.

Amilia, S., Putri, T., Bulan, L., Rizal, M., Pengaruh, :, Finansial, M., & Tua, S. O. (2018). Pengaruh Melek Finansial, Sosialisasi Orang Tua, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Bidik Misi Fakultas Ekonomi Universitas Samudra (Vol. 2, Issue 2).

Ardiana, M., & Unesa, P. (2016). KONTROL DIRI, PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA, PENGETAHUAN INKLUSI KEUANGAN SISWA PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU MENABUNG SISWA SMK SE KOTA KEDIRI (Vol. 4, Issue 1).

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Asyhad, M., & Handono, W. A. (2017). URGENSI LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PENDIDIKAN DASAR. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 13(1), 126–143.

Budianto, B. (2020). Gerakan Gemar Menabung untuk Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Meureubo, Aceh Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3113

Dakhi, A. S., & Lubis, I. (2014). ANALISIS MINAT MENABUNG DI KALANGAN SISWA SMA NEGERI DI KOTA MEDAN.

Fahira Yudasella, I., & Krisnawati, A. (2019). Ighfa Fahira Yudasella 1) , Astrie Krisnawati 2) PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDUNG Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online). Ighfa Fahira Yudasella, 1(2), 674–687.

Krisdayanthi, O. A. (2019). PENERAPAN FINANCIAL PARENTING (GEMAR MENABUNG) PADA ANAK USIA DINI. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1). https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive

Kusumaningtyas, I. (2017). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(3) : 1-8

Laili, J., & & Maulana, A. (2015). Program sentono menabung. Jurnal Inovasi Dan Keuangan, 4(1), 54–57.

Lubis, H. Z., Syahputri, D., M. Alwi, A. L., Nadila, D. A., & Wahyudi, M. (2019). Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini Di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.

Mardiana, S., Supriyatna, W., Dumilah, R., & Sari Budhiarjo, I. (2020). SOSIALISASI DAN PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA MENABUNG BAGI GENERASI MUDA KHUSUSNYA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MTS MATHLAUL ANWAR PAMULANG. 1(2), 79–86.

Marlina, N., & Iskandar, D. (2019). GERAKAN MENABUNG SEJAK DINI DI ROWOSARI (Vol. 01, Issue 01). https://www.finansialku.com/ayo-menabung-demi-meningkatkan-

Mawo, T., Thimas, P., & St, S. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan, Konsep Diri dan Budaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMAN 1 Kota Bajawa. Journal of Economic Education, 6(1), 60–65.

Murtani, A. (2019). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 SINDIMAS 2019 STMIK Pontianak (Vol. 29).

Narpati, B. (2018). JURNAL ABDIMAS UBJ Sosialisasi dan Simulasi Menabung Rumah Yatim Kota Bekasi. http://ojs.ubharajaya.ac.id/index.php/jabdimas

Novieningtyas, A. (2018). PENTINGNYA EDUKASI LITERASI KEUANGAN SEJAK DINI. In MANNERS: Vol. I (Issue 2).

Nuh, M., Sangaji, R., Muzzaki, M., Agustin, E., & Larasati, A. N. (n.d.). SOSIALISASI PENTINGNYA MANFAAT MENABUNG SEJAK DINI (Vol. 1, Issue 1).

Pamulang, U., & Selatan, T. (2022). GUNA MENGATUR KEUANGAN PRIBADI SERTA INVESTASI DI MASA YANG AKAN DATANG 1* Lindah Krystianti, 2 Adela Nurfadila, 3 Sanah, 4 Rahayuni Dianita (Vol. 2, Issue 2).

Pulungan, D. R. (2017). LITERASI KEUANGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MASYARAKAT KOTA MEDAN.

Putra, B. H. (2018). Pengaruh Sosialisasi Keuangan Keluarga Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 107. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p107-114

Rapih, S. (2016). PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa dan Bagaimana?

Rumbianingrum, W., & Wijayangka, C. (2018). 162-Article Text-696-2-10-20191012. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS (ALMANA), 2(3), 155–163.

Safura Azizah, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.

Santoso, A. B., Apriyuda, A., Ananda, D., & Dkk. (2021). MENABUNG SEJAK DINI AGAR SUKSES MERAIH MIMPI BAGI ANAK-ANAK DI TAMAN BACAAN PERIGI SAWANGAN. Jurnal Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3), 216–218.

Siregar, E. F. S., Sembiring, M., & Nasution, I. S. (2020). Pendampingan Mendesain Tabungan Sederhana Sebagai Solusi Kesadaran Menabung Bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Deli Serdang. Jurnal Abdidas, 1(4), 234–241. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i4.50

Susilo, Silalahi, M., Bambang, W., & Bernadetha, N. (2021). Sosialisasi Gaya Hidup Hemat Energi pada Rumah Sehat di masa Pandemi Covid-19 di Panti Karya HEPHATA HKBP Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 78–83.

Yulasteriyani, Y., Isyanawulan, G., & Nurillah, I. (2021). Kampus Mengajar: Upaya Pendampingan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 di Desa Kalampadu Ogan Ilir. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 406–415. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i4.1898

Yushita, A. N. (2017). JURNAL NOMINAL / VOLUME VI NOMOR 1 / TAHUN 2017 PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN BAGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI Amanita Novi Yushita. Nominal, VI(1), 11–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Puspa Widya Ningrum, Nadila Dewi Purnama Sari, Cantik Wasitaningsih, Elly Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.