Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 dalam Peningkatan Literasi di SDN Rejomulyo

Tika Panjawiyati, Alifia Ganeshi Anggarini, Kristina Ela Cempakasari, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui peranan mahasiswa program Kampus Mengajar di sekolah sebagai upaya untuk mengatasi rendahnya minat baca pada siswa. Rendahnya minat baca di lingkungan masyarakat sangat mempengaruhi kualitas suatu bangsa. Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dimulai dari lingkungan sekolah. Salah satu program Merdeka Belajar bagi mahasiswa adalah Kampus Mengajar dengan melibatkan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk membantu sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan terutama di masa pandemi COVID-19, salah satunya untuk mengatasi rendahnya minat baca pada siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar Angkatan 2 dengan mengirimkan mahasiswa sebagai agen yang membawa perubahan ke sekolah telah membantu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, terutama dalam memotivasi siswa untuk gemar membaca buku di sekolah. Semua pihak yang terlibat yaitu siswa, guru, mahasiswa sangat antusias meskipun menghadapi berbagai tantangan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bapak/ibu guru belum sepenuhnya terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama program Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar selama dua puluh pekan dirasa belum cukup untuk melakukan perubahan yang signifikan bagi sekolah dan siswa untuk mewujudkan siswa yang gemar membaca buku dan mengatasi rendahnya minat baca.


Keywords


Kampus mengajar;Rendahnya minat baca;Literasi.

Full Text:

PDF

References


Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 142-150.

Agriyati. (2016). Pembelajaran Kemampuan Menulis Ringkasan Isi Buku Melalui “Pendikar” (Penugasan Dikemas Artistik) Di Kelas Xi Sma Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 19(02).

Anggraini, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.

Anugrah, T. M. F. (2021). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.

Arfiansyah, T.R. (2022). Kampus Mengajar 4 Dibuka, Peserta Dapat Uang Saku hingga Bantuan UKT. https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/25/070000065/kampus-mengajar-4-dibuka-peserta-dapat-uang-saku-hingga-bantuan-ukt?page=all. Diakses tanggal 12 Juni 2022

Cahyono, H., Pendidikan, D., & Inggris, B. (2019). Agen, 1(1), 32–43.

Creswell, J. W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4thEd.). Sage Publications, Inc.

Deepublish. (2019). Pengertian Membaca: Arti, Tujuan, Manfaat dan Komponen Membaca. https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-membaca/. Diakses pada 15 Juni 2022

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.

Etika, E. D., Pratiwi, S. C., Megah, D., Lenti, P., Rahma, D., Maida, A., Studi, P., Matematika, P., Studi, P., Administrasi, I., Malang, U. I., Malang, U. N., & Malang, U. I. (2021). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM ADAPTASI TEKNOLOGI DI SDN DAWUHAN SENGON 2. 1(1), 281–290.

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Hamdah, S., Pendidikan, J., Dan, B., Indonesia, S., Ilmu, F., Dan, T., & Hidayatullah, U. I. N. S. (2018). PROBLEMATIKA SERTA SOLUSI PROGRAM LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 44 PAMULANG.

Istichomaharani, I. S., & Habibah, S. S. (2016). Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai “Agent Of Change, Social Control, Dan Iron Stock.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Ke-2“Pengintegrasian Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kreatif Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” 2016, 2–7.

Ismail Kusmayadi; Nandang R. Pamungkas; Adi Abdul Somad. (2007). Terampil dan cerdas berbahasa Indonesia / Ismail Kusmayadi, Nandang R. Pamungkas ; Editor, Adi Abdul Somad. Bandung :Grafindo Media Pratama .

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021.Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2019). Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/aksisekolah/. Diakses tanggal 19 Januari 2022.

Kimiaissa’adah, N. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Membaca Dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Anak Usia Dini di TK IT Mutiara Hati Semarang. 1–59.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Neneng Zubaidah. (2021). Mengenal Kampus Merdeka dan Program yang Bisa Dipilih Mahasiswa. URL: https://edukasi.sindonews.com/read/587470/211/mengenalkampusmerdeka-dan-program-yang-bisa-dipilih-mahasiswa-1635858663. Diakses tanggal 18 Januari 2022.

Nurhaidah & Musa, M. I. (2016). Dampak rendahnya minat baca dikalangan mahasiswa PGSD Lampeuneurut Banda Aceh serta cara meningkatkannya. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 1–11. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7536.

Nurviati Imas Eva.(1995).Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis (RAK 21J) / Imas Eva Nurviati.Jakarta : Anem Kosong Anem.

Raco,Jozef. (2018). “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya.” OSF Preprints. July 18. doi:10.31219/osf.io/mfzuj

Rahmah,A.N.A., & Triristina, N. (2021). Kampus Mengajar : Transformasi Budaya Belajar Siswa dalam Adaptasi Kebiasaan Baru di Madura. NiCMa: National Conference Multidisplinary, 1(1),34–39.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., … Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61.

Rosyid, Zaiful. (2018). Reward dan Punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Setiawan, Samhis. (2022). Ringkasan – Pengertian, Ciri, Tujuan, Langkah, Manfaat, Para Ahli. https://www.gurupendidikan.co.id/ringkasan/. Diakses tanggal 20 Juni 2022.

Teknologi, D. A. N., & Masyarakat, F. K. (2021). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. November, 5924618.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tika Panjawiyati, Alifia Ganeshi Anggarini, Kristina Ela Cempakasari, Elly Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.