Kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika ditinjau dari tipe kepribadian guardian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika pada siswa ditinjau dari tipe kepribadian guardian. Subjek pada penelitian ini adalah siswa bertipe kepribadian guardian jenis ESTJ dan ESFJ. Pada masing-masing subjek mewakili tipe ESTJ (APP) dan ESFJ (SPM). Subjek diberikan soal tes pada pokok materi SPLDV dengan konteks etnomatematika balapan motor. Kemudian, subjek diwawancarai mengenai pengerjaan soal tes pemecahan masalah untuk melihat proses pemecahan masalah subjek. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan didapatkan bahwa subjek tipe ESTJ dan ESFJ dapat memenuhi semua tahapan pada indikator pemecahan masalah yang meliputi tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, S. R., Nur, A., & Widodo, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melankholis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 156–160.
Anggreini, D., & Saputra, D. K. (2020). Profile of Skills Students in Resolving Problems Trigonometry Based on Personality Type Myer-Briggs. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 531–536. https://doi.org/10.14421/icse.v3.557
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907
Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Arithmetic : Academic Journal Of Math, 02(01), 99–110.
Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Konteks Budaya Banjar. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 1(November), 20–31.
Ilmiyana, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator ( Mbti ). Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
Karimah, R. K. N., Kusmayadi, T. A., & Pramudya, I. (2018). Analysis Of Difficulties In Mathematics Learning On Students With Guardian Personality Type In Problem-Solving HOTS Geometry Test. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1), 012076. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012076
Keirsey, D. (1998). Please Understand Me II. In S. Montgomery (Ed.), Prometheus (First Edit). Prometheus Nemesis Books.
Kurniawan, A., Setiawan, D., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Berbantuan Soal Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 63–76.
Mawaddah, A., Anwar, Yusrizal, & Zubainur, C. M. (2021). The Impact Of Students’ Personality Types On The Application Of Problem-Solving Strategies In Solving PISA Questions. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012062
Mulyastuti, I. D., Budiyono, B., & Indriani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Tipe kepribadian Guardian Dan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 183. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.2959
Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan circle problem berdasarkan self-confidence siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130-145.
Naufal, H., & Amalia, S. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Di Era Merdeka Belajar Melalui Model Blended Learning. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1).
Pratama, N. I., Kamid, K., & Efendi, M. H. (2020). Analisis Proses Metakognitif Siswa Tipe Kepribadian Idealist, Artisan, Guardian dan Rational dalam Pemecahan Masalah Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 71–82. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1940
Razak, F., Sutrisno, A. B., & Kamaruddin, R. (2018). Deskripsi Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Langkah Polya ditinjau dari Kepribadian Siswa Tipe Melankolis. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 86. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1047
Rika Arifah Sari, R., Anggreni, F., & Abduh, M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Sebuah Tinjauan terhadap Kepribadian Guardian dan Idealis. At- Tarbawi, 8(1). https://doi.org/10.32505/tarbawi.v13i1.2929
Sari, R. A., Anggreni, F., & Abduh, M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Sebuah Tinjauan terhadap Kepribadian Guardian dan Idealis. At- Tarbawi, 8(1), 117–130. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v13i1.2929
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Setiyaningrum, D., Kartono, & Mulyono. (2020). An Analysis Of Thinking Process In Solving Mathematical Problems Looking From The Personality Type In Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(1), 26–35. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/28215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Febri Listianadewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.