Meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV dengan penerapan blended learning

Nurul saila, Abdul Basit, Ayu Wulandari, Siti Nur Hidayati, Siti Maryam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kompetensi FPB dan KPK dengan menggunakan model pembelajaran Blended learning yang akan menjadikan siswa memiliki keleluasaan untuk mempelajari materi atau bahan ajar dengan memanfaatkan bahan ajar yang tersimpan secara online. Di dalam pelaksanaan pembelajaran matematika pada saat ini ditemukan masalah seperti siswa merasa bosan, siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa selalu dihadapkan dengan soal-soal dan juga rumus-rumus, karena dalam proses pembelajaran tidak menggunakan model yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN Kanigaran 3 kelas IV yang diterapkan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (Observasi) dan tahap refleksi, dengan teknik pengambilan data kualitatif melalui wawancara dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang di capai pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I presentase ketuntasan siswa dalam mencapai KKM 75 adalah 72% dengan rata-rata kelas 80. Pada siklus II presentase ketuntasan siswa dalam mencapai KKM 75 adalah 94% dengan rata-rata kelas 96. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi FPB dan KPK kelas IV di SDN Kanigaran 3.


Keywords


hasil belajar; Matematika; blended learning

Full Text:

PDF

References


Supandi, Widya K, dan Lilik A.2016. Keefektifan Pembelajaran Blended LearningBerbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1),64-65.

Nugraha PA, Gede D, Wayan PA dan Made A.2019.Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dankelancaran prosedur matematis.JurnalRiset Pendidikan Matematika,6(1)77.

Darma KG, Made K dan Made AS.2020. Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi.Jurnal Prisma, 3.529

Hasbullah.2014. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan.Jurnal Formatif,4(1),66-67

Wiryanto.2020. Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar.6(2),4.

Rachmati NI. 2007. Pengumpulan DataDalam Penelitian Kualitatif :Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia. 11(1).39-40.

Widianingtias M.2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IV MI Al-FatahKemutug Wadaslintang WonosoboJawa Tengah Tahun Ajaran 2012/2013.(Skripsi). Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta,Yogyakarta.

Widiati A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. 6(1).88-89

Riadi M.2016.Penelitian Tindakan Kelas. https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakankelas-ptk.html). Diakses pada 25 September 2020.

Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan circle problem berdasarkan self-confidence siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130-145.

Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2021). Student Difficulties In Solving Mathematics Questions Based On Mathematical Logic Intelligence During The Covid-19 Pandemic. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1848-1859.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 nurul saila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.