Penerapan Metode Reinforcement And Punishment Untuk Meningkatkan Kemauan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Badrut Tamam Kelurahan Wonoasih Kec. Wonoasih Kota Probolinggo yang terdiri dari 10 orang peserta didik dengan rincian 6 siswa dan 4 siswi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan (Action Research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemauan belajar siswa mnggunakan Metode Reinforcement and Punishment. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan dari pratindakan ke siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pratindakan diketahui siswa yang memiliki kemauan belajar hanya 3 orang (30%), sedangkan 7 orang (70%) kurang memiliki kemauan belajar. Pada siklus I dapat diketahui peningkatan sekitar 20% dan pada siklus II semakin meningkat yaitu 7 orang (70%) memiliki kemauan belajar, sedangkan 3 orang (30%) kurang memiliki kemauan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reinforcement and Punishment dalam pembejaran IPA dapat meningkatkan kemauan belajar siswa kelas III di SD Badrut Tamam Kec. Wonoasih Kota Probolinggo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baburoglu, O.N. & Ravn , I.(1992). Normative Action Research. Organization Studies, 13 (1), 19-34
BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Persada.
Fauzi, H. (2013). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: PT Sindur Press
Guruvalah. (2017). Orientasi Baru dalam Psikolog Belajar. http://www.guruvalah.tk. Di akses 27 Februari 2019
Hastuti & Lestari. (2010). Ilmu pengetahuan Alam. Klaten: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Ibrahim Mufadal. (2013). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan
Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, dkk. (2017). http://siti-nurjanah-boyolali.co.id/2014/12/makalah-model-pembelajaran- kooperatif.html. di akses 14 Februari 2019
Kumala, N. (2018). http://www.sekolahindonesia.com/prayekti/2016/13132/stm-dan- pembeajaran-ipa.html. Di akses 27 Februari 2019
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Ngalimun, dkk. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja
Pressindo
Resnick, B,L. & Ford, W,W. (1981). The Psycology of Matehamtics for Instruction. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyitno. (2014). Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Jakarta: LPPM Universitas Terbuka.
Thobroni, Muhammad. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-Ruz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Abdul Basit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.