Pengembangan Media Buku Lift The Flap Ensiklopedia Anak Mengatasi Lerning Obstacles Mengenai Tema 6 Hewan Yang Dilestarikan Dan Berhitung (Siswa Kelas IV di SDN Kedungcaluk II Tahun 2020)

Ribut Prastiwi Sriwijayanti, Uswatun Hasanah, Marfuatun Munawarah, Ali Ridho, Bina Sukma Sejatu

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Media Buku Lift The Flap Ensklopedia Anak Mengatasi Learning Obstacles Mengenai Tema 6 Hewan Yang Dilestarikan Dan Berhitung. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan media yang valid, praktis, menarik, dan efektif yang membantu mengatasi hambatan belajar yang dihadapi oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian diawali dengan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation).  Hasil validasi materi mencapai 87,2%, dan validasi desain mencapai 100%. Hasil analisis dari kedua validator mencapai 93,60%. Dalam uji coba skala kecil angket kepraktisan siswa mencapai 91,6% dan angket kepraktisan guru mencapai 92,5%. Sementara untuk uji coba skala besar angket kepraktisan siswa mencapai 87,1%, angket kemenarikan mencapai 85,3%, dan angket keefektifan mencapai 76%. Kajian tentang pengembangan media buku lift the flap sangat berguna untuk menarik minat belajar anak, dan mengatasi hambatan belajar.

Keywords


Media Pembelajaran, Buku Lift The Flap, Learning Obstacles

Full Text:

PDF

References


Ardhana, W. (2016). Pengembangan Media grafis berbentuk lift the flap book sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran IPS Mater bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia. Journal Pendidikan , 2-16.

Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. jakata: Raja Grafindo Persada.

Barroh, H. (2012). Pengembangan buku ajar berjendela pada materi sistem reproduksi manusia untuk SMP RSBI. Jurnal Pendidikan , 1-5.

Dewantari, A. A. (2014). Sekilas tentang Pop up, lift the flap, dan Movable book. (http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html, diakses 21 April 2020)

Efendi, M. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar kearah pemahaman KBK, KTSP, dan SBI. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Gunadi, T. (2011). Merekapun bisa sukses. jakarta: penebar plus.

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

handayani, m. p. (2016). pengembangan buku lift the flap ensklopedia anak tentang 16 pakaian adat di Indonesia Bagian Tengah dan bagian timur. jurnal pendidikan .

Hendra, S. (2013). Cara belajar orang sukses. Jakarta: Elex Media.

Muhammad, J. K. (2008). Special Education for Special Children. Jakarta Selatan: Hikmah.

Nurbaya, e. (2018). pengembangan media lift the flap book berbasis grafis pada materi metamorfosis di kelas IV. Article , 1-20.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis buku fabel berkarakter untuk siswa SMP. Jurnal Pendidikan , 182-189.

Pratiwi, S. A., Artharina, F. P., & Hadi, H. (2018). Pengembangan Media lift the flap organ pencernaan manusia sebagai pendukung Discovery learning di sekolah dasar. Journal Sekolah , 246-252.

Riyana, c., & Susila, r. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Ruhimat, T., & Dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. jakarta: raja grafindo persada.

Rulyansah, A., & Hasanah, U. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berdasarkan Brain Based Learning. Tarbiyatuna , 40-57.

Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Dengan Menggunakan Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Materi Lingkungan Sekitar Kelas III SDI Darul Hidayah). Pedagogy , Hal 53-59.

S, L. H. (2016). Mutiara Belajar. Blora: Media Maxima.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber belajar. Sleman: DeePublish.

Sudijono, A. (2005). pengantar evaluasi pendidikan. jakarta: grafindo persada.

Sugihartono, & Dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyanto. (2015). Pengembangan bahan ajar buku berjendela sebagai pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi jurnal khusus. Jurnal pendidikan , 1-6.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Wardhani, R. P. (2015). Perancangan buku interaktif mengenai miopi untuk anak. Jurnal Pendidikan , 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ribut Prastiwi Sriwijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.