Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Berbantuan Media Gambar Berbentuk Puzzle Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Jenis-Jenis Pekerjaan pada Kelas III Di SDN Wringinanom 1 Probolinggo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode diskusi berbantuan media gambar berbentuk puzzle materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III di SDN Wringinanom I Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Wringinanom 1 yang berjumlah 17 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara tidak terstruktur dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi berantuan media gambar berbentuk puzzle, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Wringinaom 1 Probolinggo. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata pratindakan sebesar 64,1 kemudian pada siklus I menjadi 67,5 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 91,2 dengan persentase ketuntasan belajar masing-masing sebesar 64,1%, 67,5%, dan 91,2%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari nilai 64,1 menjadi 67,5 sehingga mengalami kenaikan sebesar 3,4. Nilai 67,5 menjadi 91,2 mengalami kenaikan sebesar 23,7. Peningkatan hasil belajar tersebut sebesar 12,06. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata 65,88 dengan persentase ketuntasan sebesar 47,05 % meningkat menjadi 72,94 dengan persentase ketuntasan sebesar 64,70 % dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,94 dengan persentase ketuntasan sebesar 82,35 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Shintia Puspita, Sekar Dwi Ardianti, and Muhammad Noor Ahsin. 2021. “Dampak Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar.” WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(2): 127–32.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Renika Cipta.
Hanafiah, Nanang, and Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huber, Brittany, Kate Highfield, and Jordy Kaufman. 2018. “Detailing the Digital Experience: Parent Reports of Children’s Media Use in the Home Learning Environment.” British Journal of Educational Technology 49(5): 821–33.
“Kamus Besar Bahasa Indonesia.” 2017. http://kbbi.web.id/aktivitas.
Siddiq, Munawaroh, dan Sungkono. 2008. Bahan Ajar Cetak Pengembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardana, Ludfi Arya, and Uswatun Hasanah. 2019. “Panduan Desain Kelas Tematik Berorientasi Multiple Intelegences Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan 5(4): 447–53.
Zahroul, F.C. dan Widya, Y.C. 2013. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ips Melalui Teknik Pick Up Cards Game Di Sdn Kebonsari 04 Kabupaten Jember.” Pedagogia 2(1): 50–58.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ludfi arya wardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.