Implementasi model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pendekatan saintifik berbantuan media pembelajaran aplikasi rumah bangun datar untuk meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik materi segi empat kelas viic smp muhammadiyah pekajangan

Muhammad Adi Pamungkas, Ika Krisdiana, Agus Ruliati, Octarina Hidayatus Sholikhah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya disposisi matematik dan kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah Pekajangan. Hal ini berdasarkan hasil lembar observasi daftar nama siswa dengan disposisi matematik yang rendah dan hasil pretest yang juga rendah pada beberapa indikator kemampuan berpikir logis matematis. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbantuan media pembelajaran aplikasi Bangun Rumah Datar pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir logis matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbantuan media pembelajaran aplikasi Bangun Rumah Datar mampu meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah Pekajangan. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata presentase tes kemampuan berpikir logis matematis mengalami peningkatan dari 57% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II. Sedangkan pada hasil rata-rata presentase angket disposisi matematik siswa juga mengalami peningkatan dari 61% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II dengan kriteria minimal tinggi. Pada hasil keterlaksanaan seluruh pembelajaran juga berjalan dengan baik dengan hasil siklus I yaitu 83%, pada siklus II meningkat menjadi 93%. Kemudian pada keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbantuan media pembelajaran aplikasi Bangun Rumah Datar juga meningkat dengan hasil pada siklus I yaitu 85%, pada siklus II yaitu 100%. Sehingga pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbantuan media pembelajaran aplikasi Bangun Rumah Datar dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis, disposisi matematik siswa, dan keterlaksanaan seluruh pembelajaran di kelas VIIC SMP Muhammadiyah Pekajangan.


Keywords


Problem Based Learning (PBL); Berpikir Logis Matematis; Disposisi Matematik

Full Text:

PDF

References


As’ari. A. R. (2016). Mencetak Guru Matematika yang Sesuai Tuntutan Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Malang: Unversitas Negeri Malang.

Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.

Hadi, A. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Penemuan Terbimbing Berbantu Lks pada Materi Geometri di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kota Bima. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41-49.

Fathani, Abdul Halim. 2012. Matematika Hakikat & Logika. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Lestari. D. K., Dwijanto. & Hendikawati. P. (2016). Keefektifan Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII. Semarang: Unnes Journal of Mathematics Education (UJME).

Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan circle problem berdasarkan self-confidence siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130-145.

Roman, Y., Gein, A., & Gerkerova, A. 2017. Matrix Tests as a Means of the Students’ Level of Logical Thinking Diagnosis. International Journal of Higher, 6 (2), 147-152

Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI). Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 4(1).

Sudarto. S., Hafid. A., & Amran. M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Wicaksana, H., Mardiyana, & Usodo, B. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Ditinjau dari Adversity Quotient (Aq) Siswa. Surakarta: Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika UNS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MUHAMMAD ADI PAMUNGKAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.