Pengembangan Media E-Learning Berbasis Literasi Untuk Sekolah Menengah Kejuruan

Traquita Bening Al Habra, Davi Apriandi, Fatriya Adamura

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning berbasis literasi dan mengetahui
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media yang dikembangkan. Materi yang digunakan pada penelitian
ini adalah barisan dan deret. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D sampai
pada tahap ketiga, yaitu define, design, and develop. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMK Cendekia
Madiun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk media pembelajaran,
angket respon untuk mengukur kepraktisan media, dan soal tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah:
1) media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan persentase validitas akhir
yang diperoleh dari angket validasi media mencapai 92%. 2) media pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kriteria kepraktisan dengan nilai akhir kepraktisan yang diperoleh dari angket respon siswa pada
uji coba terbatas mencapai 82%, sedangkan pada uji lapangan mencapai 80%. 3) media pembelajaran yang
dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan dengan rata-rata persentase ketuntasan yang diperoleh dari
tes hasil belajar pada uji coba terbatas mencapai 84%, sedangkan pada uji coba lapangan mencapai 81%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-learning berbasis literasi pada
materi barisan dan deret untuk kelas X SMK yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam
pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran; E-Learning; Literasi; Barisan dan Deret


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar & Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu

Pembelajaran sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Irianti, N. P., & Wijaya, E. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle

pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 5

Universitas PGRI Madiun 2017. ISSN 2301-7929 , 58-66.

Iswari, K. R., & Maryani. (2015). Komik sebagai Upaya Menanamkan Budaya Literasi Sains.

PROSIDING. Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak melalui Literasi. Vol 2 Universitas

Pendidikan Indonesia 2015. ISBN 978-602-98647-4-8 .

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer . Bandung: Alfabeta.

Saputro, A. T. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Media Visual Basic.

Net 2008 pada Materi Lingkaran di Kelas 8B MTs Negeri Kriyan Sidoarjo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Jakarta: Kencana.

Uno, H. B. (2014). Profesi Kependidikan Problema Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia.

Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.