Analisis Kemampuan Penyelesaian Masalah Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Logika Matematika Siswa SMK

Ragil Murakapi, Sardulo Gembong, Vera Dewi Susanti

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kemampuan penyelesaian masalah dalam soal cerita SPLDV berdasarkan tingkat
kecerdasan logika matematika siswa SMK. Penelitian ini dilakukan di kelas X Multimedia SMK Cendekia
Madiun dengan melibatkan 3 subjek, yaitu subjek dengan tingkat kecerdasan logika matematika tinggi,
sedang, dan rendah. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan didasarkan pada
hasil skor pengisian angket kecerdasan logika matematika. Teknik yang digunakan untuk mengetahui
kredibilitas data adalah triangulasi waktu, sehingga dibandingkan data hasil tes dan wawancara pertama
dengam data hasil tes dan wawancara kedua. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa subjek
dengan kecerdasan logika matematika tinggi mampu memahami masalah, membuat perencanaan
penyelesaian masalah, melaksanakan perencanaan, dan melihat kembali penyelesaian yang diperoleh.
Subjek dengan tingkat kecerdasan logika matematika sedang dalam menyelesaikan masalah mampu
memahami masalah dan melihat kembali penyelesaian. Subjek dengan tingkat kecerdasan logika
matematika rendah dalam menyelesaikan masalah mampu memahami masalah. 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azizah, F. R., Hobri, & K., A. I. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Sub Pokok Bahasan Balok Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 7

Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1) , 1-7.

Faizah, F., Sujadi, I., & Setiawan, R. (2017). Proses Berpikir Siswa Kelas VII E dalam Memecahkan

Masalah Matematika pada Materi Pecahan Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis. JPMM,

(3) , 1-11.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafi'an, M. I. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender di

Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (hal. 571-577).

Yogyakarta: UNESA.

Nugroho, R. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan

Ditinjau dari Pemecahan Masalah Polya. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: UMS.

Payanti, S. D. (2018). Strategi Estimasi Berhitung dan Pengukuran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah

Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: UIN

Sunan Ampel.

Poima, D. M. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Perbandingan dan Skala

Berdasarkan Tahapan Polya bagi Siswa Kelas VI SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Garuda ,

Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kedelapan, Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Yudharina, P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V

SD Negeri Mejing 2 Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Tahun Ajaran

/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.